PENGEMBANGAN KUIS “AYO BERHITUNG” BERBASIS PLATFORM QUIZIZZ UNTUK ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH BANGUNSARI 2 PONOROGO
Pradiptya, Isya Nabilah (2024) PENGEMBANGAN KUIS “AYO BERHITUNG” BERBASIS PLATFORM QUIZIZZ UNTUK ANAK USIA DINI DI BA AISYIYAH BANGUNSARI 2 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH (p1).pdf Download (710kB) |
![]() |
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (676kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (972kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
watermak skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan kuis “Ayo
Berhitung” berbasis platform quizizz untuk anak usia dini yang memenuhi kriteria
validitas dan kelayakan. Kuis “Ayo Berhitung” pada platform quizizz
diujicobakan pada kelompok B usia 5-6 tahun di BA Aisyiyah Bangunsari 2
Ponorogo berbasis quizizz. Penelitian ini menggunakan metode penelitian (R&D)
dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE ini terdiri dari lima tahapan
yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development (Pengembangan),
Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Kuis “Ayo Berhitung”
pada platform quizizz terdapat beberapa bentuk soal yaitu, menjodohkan simbol
buah ke angka yang sesuai, mengkategorikan simbol buah, pilihan ganda
penjumlahan dan pengurangan, pilihan ganda menghitung simbol buah, serta
jawaban gambar sesuai instruksi. Selanjutnya dari kuis “Ayo Berhitung” pada
platform quizizz di validasi dan diuji kelayakan.
Pada penilaian produk terdapat 2 cara yaitu validasi materi tahap I dan II,
validasi media tahap I dan II. Dalam uji coba kelayakan dilakukan pada peserta
didik kelompok B dengan jumlah 10 anak. Pada tahap uji coba kelayakan awal
dilakukan pada 2 peserta didik dan uji coba kelayakan operasional diberikan pada
10 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain
pembelajaran berhitung berbasis quizizz yang telah dikembangkan melalui
validasi dan uji coba dinyatakan layak. Hasil validasi materi tahap I yang sudah
dinilai oleh validator mendapatkan persentase skor 55% dengan kategori “kurang
valid”, sedangkan hasil validasi materi tahap II yang sudah dinilai oleh validator
mendapatkan persentase skor 87,5% dengan kategori “sangat valid”. Validasi
media tahap I mendapatkan persentase skor 54,5% dengan kategori “kurang
valid”, sedangkan validasi media tahap II mendapatkan persentase skor 93,1%
dengan kategori “sangat valid”. Setelah materi dan media ini di validasi kemudian
mendapatkan saran dari validator untuk membenahi yang kurang sesuai.
Selanjutnya pada tahap validasi sudah valid, masuk ke uji coba kelayakan. Dalam
uji coba kelayakan dilakukan 3 tahap yaitu uji kelayakan awal dengan persentase
skor 86% dengan kategori “sangat layak”, selanjutnya uji coba kelayakan utama
dengan persentase 90% kategori “sangat layak”, dan uji coba kelayakan
operasional mendapatkan persentase skor 94% dengan kategori “layak”. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa
iii
desain pembelajaran berhitung berbasis quizizz pada anak usia dini di BA
Aisyiyah Bangunsari 2 Ponorogo layak digunakan dengan rata-rata 90%.
Kata Kunci: Pembelajaran Berhitung, Media Quizizz, Anak Usia Dini
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pembelajaran Berhitung, Media Quizizz, Anak Usia Dini |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 28 May 2025 02:33 |
Last Modified: | 28 May 2025 02:33 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/15250 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |