Upaya guru memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Negeri Tosanan Ponorogo
Riyanto, Riyanto (2024) Upaya guru memanfaatkan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Negeri Tosanan Ponorogo. Jurnal BIP : Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 20 (1). pp. 75-89. ISSN ISSN 1693-7740 (Print), ISSN 2477-0361 (Online)
![]() |
Text (Artikel)
ARTIKEL Khusus Upaya Guru Memanfaatkan.pdf Download (576kB) |
![]() |
Text (Hasil Plagiasi)
ARTIKEL_Khusus_Upaya_Guru_Memanfaatkan.pdf Download (734kB) |
Abstract
Pendahuluan. Penelitian ini untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam memanfaatkan salah satu sarana dan prasarana sekolah yaitu perpustakaan sebagai sumber belajar di Sekolah Dasar Negeri Tosanan Ponorogo dengan menggunakan pendekatan dari Association for Education Communication Technology (AECT).
Metode Penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode dalam pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi Data Analisis. Data diperoleh dengan melakukan wawancara kepada narasumber, kemudian data ditranskripkan untuk dianalisis.
Hasil dan Pembahasan. Upaya guru untuk memanfaatkan Perpustakaan Sekolah sebagai sumber belajar ditunjukkan dengan upaya guru dalam meningkatkan kualitas dirinya dalam menyerap informasi dari pepustakaan dan menganalisanya sebagai bahan referensi mengajar, meningkatkan intensitas kunjungan ke perpustakaan, meningkatkan koleksi/jumlah buku dan memanfaatkan fasilitas di perpustakaan yang telah ada dengan sebaik-baiknya.
Kesimpulan dan Saran. Perpustakaan di Sekolah Dasar Negeri Tosanan Ponorogo belum maksimal dimanfaatkan sebagai sumber belajar pada setiap pelajaran. Perpustakaan ini seharusnya meningkatkan jumlah koleksi buku-buku, sarana pendukung, dan dikelola sesuai dengan standar perpustakaan. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat diperluas, sehingga tidak terbatas pada guru Pendidikan Agama Islam saja tetapi pada guru mata pelajaran lainnya
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | upaya guru; perpustakaan sekolah; sumber belajar; kualitas guru; sekolah dasar |
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 20 May 2025 06:57 |
Last Modified: | 20 May 2025 06:57 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/16475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |