PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PONDOK SABTU MALAM AHAD (AS-SAB’AD) (Studi Kasus di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo)
Fuad, Nur (2015) PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PONDOK SABTU MALAM AHAD (AS-SAB’AD) (Studi Kasus di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
COVER.pdf Download (141kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK & PENGESAHAN.pdf Download (13MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (253kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Karakter dan Pondok As-Sab’ad
Latar belakang penelitian adalah bahwa dunia pendidikan digoncangkan
dengan turunya karakter anak bangsa pada saat ini. Kemudian Madrasah Aliyah
Muhammadiyah 01 Tegalombo membentuk kegiatan pondok As-Sab’ad yang
dapat mengembangkan dan membentuk karakter berani dan bertanggung jawab
secara Islami. Santri tidak hanya mempelajari pendidikan umum, akan tetapi
melalui kegiatan pondok As-Sab’ad di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo para
santri bisa mendapat berbagai ilmu keIslaman yang sangat banyak dan berguna
untuk kehidup bermasyarakat kelak .
Penelitian : 1). Untuk mendiskripsikan Implementasi pendidikan karakter
melalui kegiatan Pondok As-Sab’ad di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo. 2).
Untuk mendiskripsikan hasil Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan
Pondok As-Sab’ad di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo.
Obyek penelitian ini adalah seluruh komponen yang ada di pondok As-
Sab’ad MA Muhammadiyah 01 Tegalombo Pacitan. Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkait
pendidikan karakter melalui kegiatan pondok As-Sab’ad di MA Muhammadiyah
01 Tegalombo Pacitan di analisis secara kualitatif.
Dari hasil peneletian dapat disimpulkan 1) perencanaan pendidikan
karakter melalui pondok As-Sab’ad di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo
berbeda dengan sekolah formal yaitu pada pondok As-Sab’ad tidak menggunakan
RPP dan silabus akan tetapi membuat target pendidikan karakter pada awal tahun.
2) Proses pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan pondok As-Sab’ad di
MA Muhammadiyah 01 Tegalombo menggunakan metode diskusi, pembiasaan
dan pengulangan yaitu mengulang-ulang sampai hafal dan paham. Untuk waktu
pelaksanaan pendidikan karakter satu minggu hanya satu hari yaitu hari sabtu
malam ahad dan mabit di masjid dan asrama pondok. Materi pendidikan karakter
bagi santri kelas satu ulya hafalan al-Qur’an juz 30 dan berpidato dengan
membawa teks dan untuk kelas dua dan tiga ulya menghafal al-Qur’an juz satu
sampai dua puluh Sembilan dan berpidato dengan hafalan. Sarana yang digunakan
masjid, asrama dan audio yang bagus. 3) evaluasi pendidikan karakter pada santri
dilaksanakan tiga bulan sekali untuk kelas dua dan tiga ulya dan enam bulan
sekali untuk kelas satu ulya. Adapun aspek yang dinilai yaitu: aspek kelancaran
hafalan, tajwid fashahah untuk al-Qur’an dan aspek hafalan, pendalaman materi
akhlak atau sikap serta keberanian dan sikap tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Editor FAI |
Date Deposited: | 14 Dec 2015 02:21 |
Last Modified: | 14 Dec 2015 02:21 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1654 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |