Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Ayam Kampung Super(Desa Jambon Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo)
ARIS NOVIANTO, DIAN (2015) Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Ayam Kampung Super(Desa Jambon Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
Cover.pdf Download (168kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (30kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
Abstract
Persaingan usaha yang semakin ketat menuntut setiap pengusaha agar
mempertahankan keberadaannnya. Dengan adanya persaingan semakin ketat, sekarang
dituntut untuk menerapkan strategi pemasaran yang tepat yang dapat dijadikan senjata
dalam perang persaingan antar pengusaha. Strategi pemasaran merupakan rencana yang
menjabarkan ekspektasi perusahaan akan dampak dari berbagai aktivitas atau program
pemasaran terhadap permintaan produk atau lini produknya di pasar sasaran tertentu. Ada
program pemasaran (seperti periklanan, promosi penjualan, personal selling, layanan
pelanggan, atau pengembangan produk) memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap
permintaan.
Untuk itu pengusaha ayam kampung super di Desa Jambon Kecamatan Jambon
Kabupaten Ponorogo harus memiliki strategi-strategi baru untuk mengetahui segi positif
dan segi negatif, yaitu dengan menggunakan analisa SWOT untuk memformulasikan
strategi marketing yang baru.
Analisis SWOT merupakan identifikasi akan faktor eksternal dan internal dan
strategi yang mencerminkan bandingan antara keduanya. Hal ini didasarkan pada logika
bahwa strategi yang efektif adalah memaksimalkan kekuatan dan peluang bisnis, namun
pada waktu yang bersamaan meminimumkan kelemahan dan ancaman yang ada.
Cara kerja analisis SWOT disini menggunakan matrik dengan memasukkan
faktor-faktor lingkungan internal (IFAS) serta memasukkan faktor-faktor lingkungan
eksternal pada sel vertikal yang berupa peluang dan ancaman yang dapat diketahui dari
hasil analisis lingkungan eksternal (EFAS). Kemudian dari sisa sel yang mempertemukan
iv
antara faktor-faktor internal dan eksternal tersebut dapat diketahui alternatif-alternatif
strategi yang dihasilkan analisis SWOT.
Berdasarkan hasil dari analisis faktor eksternal perusahaan pada matrik (EFAS)
diperoleh hasil 1,20 (total skor peluang sebesar 1,85 dikurangi total skor ancaman sebesar 0,65)
untuk faktor peluang, sedangkan faktor internal perusahaan pada (IFAS) diperoleh hasil 1,05
(total kekuatan sebesar 1,80 dikurangi total skor untuk kelemahan sebesar 0,75) untuk faktor
kekuatan.
Dari beberapa analisa yang diperoleh, maka strategi yang sesuai untuk usaha
ayam kampung super Desa Jambon Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo yang
mempunyai peluang lingkungan dengan skor 1,20 dan kekuatan internal dengan skor
1,05 adalah strategi agresif atau perluasan (berdasarkan analisis SWOT) dan usaha
ayam kampung super di Desa Jambon Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo
memiliki alternatif strategi hold dan mentain atau strategi mempertahankan dan pelihara
(berdasarkan analisis Matrik IE). Strategi tersebut dapat dilakukan dengan
memaksimalkan kekuatan internal dan eksternal serta memanfaatkan peluang yang ada.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Economic > Department of Management |
Depositing User: | Editor FE |
Date Deposited: | 15 Dec 2015 02:33 |
Last Modified: | 15 Dec 2015 02:33 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1664 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |