PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOKPERBANDINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 NGADIROJO TAHUN AJARAN 2014/2015



SETYANINGRUM, RENI (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOKPERBANDINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 NGADIROJO TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1.pdf]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[thumbnail of BAB-4.pdf] Text
BAB-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[thumbnail of DAFTARPUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (535kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Cooperative Learning, Prestasi Belajar
Berdasarkan pada kenyataan perolehan nilai Ujian Nasional (UN) di tahun
yang lalu masih banyak siswa yang belum lulus untuk mata pelajaran matematika.
Permasalahan ini juga terjadi di SMP Negeri 2 Ngadirojo Pacitan. Prestasi belajar
yang rendah itu terjadi juga pada pokok bahasan perbandingan. Hal ini dapat
diketahui dari hasil belajar rata-rata pada pokok bahasan perbandingan selama dua
tahun terakhir. Adapun faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yang
rendah antara lain: tingkat pemahaman siswa terhadap materi kurang, siswa kurang
serius dalam belajar, semangat belajar siswa kurang, metode atau model
pembelajaran yang kurang tepat, sikap diam, enggan dan malu untuk mengemukakan
pendapat atau permasalahan yang belum diketahui
Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui
pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC dengan pendekatan saintifik dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Ngadirojo Pacitan
pada pokok bahasan perbandingan. Dengan tujuan : Untuk mengetahui peningkatan
prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Ngadirojo Pacitan tahun ajaran
2014-2015 melalui Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe
CIRC dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan perbandingan Siswa yang menjalani tes akan dinyatakan tuntas dalam belajar apabila
mendapat nilai 75 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Apabila belum
tuntas akan dites lagi pada siklus selanjutnya supaya tercapai ketuntasan belajar.
Untuk mengetahui gambaran yang jelas dari kreteria penilaian dapat dicari dengan
menggunakan persentase ketuntasan dengan menghitung berapa objek dalam
penelitian yang mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menggunakan rumus
persentase yang dituliskan dalam buku statistic pendidikan
Dengan Hasil Penelitian yaitu Melalui implementasi model pembelajaran
Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition
(CIRC) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas
VII SMP Negeri 2 Ngadirojo Pacitan tahun pelajaran 2014-2015 dengan skor ratarata
yang dicapai 83,63 dengan peningkatan prosentase ketuntasan sebesar 10,35%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Dec 2015 04:07
Last Modified: 19 Dec 2015 04:07
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1701

Actions (login required)

View Item View Item