PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PERILAKU SOPAN SANTUN PADA ANAK USIA DINI



Srihandayani, Pipin (2025) PERAN ORANG TUA DALAM MENANAMKAN PERILAKU SOPAN SANTUN PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 06 (2). pp. 1-12. ISSN E-ISSN 2723-6390 (Submitted)

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
1. PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
3. ARTIKEL (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (996kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
4. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of ARTIKEL FULL TEKS] Text (ARTIKEL FULL TEKS)
5. artikel fulltext (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum

Abstract

Sejak usia dini, Sopan santun memegang peranan penting dalam membantu anak mengembangkan karakternya. Anak usia dini cenderung meniru perilaku orang-orang di sekitarnya, terutama keluarga. Perilaku sopan santun anak sangat ditentukan oleh orang tua yang menjadi pendidik utama. Tujuan penulisan ini ialah untuk mendiskripsikan bagaimana peran orang tua dalam menanamkan perilaku sopan santun di usia dini dan strategi yang digunakan untuk melakukannya. Penelitian dilakukan di TK Krajan 1 Kecamatan Parang Kabupaten Magetan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai bagian dari metodologi penulisan deskriptif kualitatif. Analisis data, reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan digunakan dalam proses analisis. Temuan penulisan menunjukkan bahwa orang tua mempunyai tugas penting dalam menumbuhkan perilaku sopan santun dengan berperan sebagai pengawas, panutan, motivator, dan penasihat. Cara yang dapat dilakukan antara lain mengajarkan anak untuk menggunakan kata "tolong," "maaf," dan "terima kasih," menunjukkan contoh di dunia nyata, dan berkomunikasi dengan pendidik untuk mengawasi perilaku anak secara konsisten. strategi yang paling menonjol dalam data tersebut ialah kebiasaan dan panutan. Hasil ini menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua secara teratur dan aktif mempunyai tugas penting dalam menanamkan perilaku sopan santun anak sejak usia dini. Dengan demikian, perilaku sopan santun anak dalam kehidupan sehari-hari benar-benar didasarkan pada peran yang dimainkan orang tua.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Perilaku Sopan Santun, Anak Usia Dini

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Orang Tua, Perilaku Sopan Santun, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: pipin srihandayani
Date Deposited: 26 Aug 2025 04:01
Last Modified: 05 Nov 2025 04:22
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17202

Actions (login required)

View Item View Item