PENERAPAN BERMAIN PERAN UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NGARIBOYO 2



Pribadi, Rury Gianto (2025) PENERAPAN BERMAIN PERAN UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NGARIBOYO 2. International Scientific Journals of Social, Education, Humanities, 4 (3). ISSN 2829-3649 (online); 2829-3908 (print)

[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah karya] Text (Surat Persetujuan Unggah karya)
scan unggah karya 001.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN- FIX.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of ARTIKEL] Text (ARTIKEL)
DRAF ARTIKEL - FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN - READY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of FULL TEXT] Text (FULL TEXT)
ARTIKEL FULL... READY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/LITERACY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan efektivitas permainan peran sebagai metode untuk merangsang kemampuan bahasa ekspresif pada anak berusia 5–6 tahun di TK Ngariboyo 2 Kabupaten Magetan. Metode penelitian yang diterapkan adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 16 anak kelompok B, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Informasi diperoleh melalui pengamatan partisipatif, wawancara dengan guru dan kepala sekolah, serta pengumpulan dokumen aktivitas. Pengamatan dilakukan tiga kali dengan tema yang berbeda, yaitu pasar tradisional, rumah sakit, dan kantor pos, untuk mengamati perkembangan bahasa ekspresif anak secara bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas bermain peran dapat memperbaiki beragam aspek bahasa ekspresif anak, seperti kemampuan untuk mengungkapkan kosakata baru, menyusun kalimat dari yang sederhana hingga yang lebih kompleks, serta keberanian bertanya dan menjawab dalam konteks sosial yang relevan. Anak-anak juga dapat memanfaatkan intonasi dan ekspresi wajah sesuai dengan karakter yang diperankan, serta berimprovisasi dalam dialog tanpa sepenuhnya bergantung pada petunjuk guru. Elemen utama yang mendukung keberhasilan kegiatan ini mencakup lingkungan belajar yang menyenangkan, tersedianya alat peraga yang sesuai, serta inovasi guru dalam menentukan tema yang berkaitan dengan pengalaman sehari-hari anak. Sebagai kesimpulan, bermain peran tidak hanya berfungsi sebagai sarana hiburan, tetapi juga terbukti berhasil sebagai metode pembelajaran kontekstual yang dapat mendorong perkembangan bahasa ekspresif pada anak-anak usia dini. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan secara teratur sebagai bagian dari pembelajaran di PAUD agar anak dapat menjadi lebih percaya diri, kreatif, dan aktif dalam berinteraksi
Kata Kunci: anak usia dini; bahasa ekspresif; bermain peran

ABSTRACT
This study aims to describe the effectiveness of role-playing as a method to stimulate expressive language skills in children aged 5–6 years in Ngariboyo 2 Kindergarten, Magetan Regency. The research method applied was qualitative descriptive with a total of 16 research subjects in group B, consisting of 9 boys and 7 girls. Information was obtained through participatory observation, interviews with teachers and principals, and collection of activity documents. Observations were made three times with different themes, namely traditional markets, hospitals, and post offices, to observe the gradual development of children's expressive language. The results showed that role-playing activities can improve various aspects of children's expressive language, such as the ability to express new vocabulary, compose sentences from simple to more complex, and the courage to ask questions and answer in relevant social contexts. Children can also make use of intonation and facial expressions according to the characters being played, as well as improvise in dialogue without completely relying on the teacher's instructions. Key elements that support the success of this activity include a fun learning environment, the availability of appropriate props, and teacher innovation in determining themes related to children's daily experiences. In conclusion, role-playing not only serves as a means of entertainment, but it has also proven to be successful as a contextual learning method that can encourage the development of expressive language in early childhood. This activity should be done regularly as part of learning in PAUD so that children can become more confident, creative, and active in interacting
Keywords: early childhood; expressive language; role-playing

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: anak usia dini; bahasa ekspresif; bermain peran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Rury Gianto Pribadi
Date Deposited: 25 Aug 2025 06:24
Last Modified: 05 Nov 2025 03:47
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17223

Actions (login required)

View Item View Item