PENGARUH PEMBIASAAN SHOLAT HAJAT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SANTRIWATI KELAS 3 MTS DI PONDOK PESANTREN ARRISALAH PROGRAM INTERNASIONAL
Prianka, Azsa (2025) PENGARUH PEMBIASAAN SHOLAT HAJAT TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SANTRIWATI KELAS 3 MTS DI PONDOK PESANTREN ARRISALAH PROGRAM INTERNASIONAL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (267kB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (744kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (249kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (174kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
ABSTRAK
Azsa Prianka,2025. Pengaruh Pembiasaan Sholat Hajat Terhadap Disiplin Belajar
Santriwati Kelas 3 MTs Di Pondok Pesantren Arrisalah Program
Intenasional. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas
Agama Islam. Pembimbing (I) Dr. Syarifan Nurjan, MA., Dan Pembimbing
(II) Dr. Aldo Redho Syam, M.Pd.
Kata Kunci: Sholat Hajat, Disiplin Belajar, Santriwati
Melakukan shalat hajat secara teratur dapat membantu membangun
kebiasaan baik dan sikap disiplin. Seorang santriwati yang rutin melaksanakan
shalat hajat akan dilatih untuk mengatur waktu dengan baik, mematuhi jadwal, dan
melakukan aktivitas dengan penuh tanggung jawab. Ini adalah proses yang
mencerminkan prinsip disiplin yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Shalat
hajat yang dilakukan dengan penuh kesadaran juga dapat menciptakan ketenangan
batin, yang membuat santriwati lebih fokus dan termotivasi supaya belajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai pengaruh pembiasaan sholat
hajat terhadap disiplin belajar santriwati kelas 3 MTs di Pondok pesantren Arrisalah
Program Internasional. Pembiasaan sholat hajat ini dilakukan oleh santriwati setiap
hari dengan tujuan santriwati dapat mengatur waktu mereka dengan sebaik
baiknya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain
mengisian angket kepada santriwati. Sampel penelitian ini dari seluruh santriwati
kelas 3 mts. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik regresi sederhana,
seperti seperti uji-t. Teknik ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh pembiasaan sholat hajat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan
antara sholat hajat terhadap disiplin belajar Dapat disimpulkan bahwa variabel
Shalat Hajat (X) memiliki pengaruh terhadap Disiplin Belajar (Y). Dapat diketahui
bahwa nila R square sebesar 0,489 atau senilai 48,9 %. Sehingga pengaruh Shalat
Hajat (X) yang diberikan terhadap Disiplin Belajar (Y) 48,9% dan lainnya
dipengaruhi oleh beberapa faktor diluar variabel penelitian ini.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Sholat Hajat, Disiplin Belajar, Santriwati |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
| Depositing User: | Azsa Prianka |
| Date Deposited: | 05 Nov 2025 01:45 |
| Last Modified: | 05 Nov 2025 01:45 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17326 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
