IMPLEMENTASI PLATFORM EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ALGORITMA RULE-BASED
Tsani, Amanda Zulfi Kurnia (2025) IMPLEMENTASI PLATFORM EVALUASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ALGORITMA RULE-BASED. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1 SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (539kB) |
|
|
Text (2 HALAMAN DEPAN)
2 HALAMAN DEPAN.pdf Download (7MB) |
|
|
Text (3 BAB I)
3 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (4 BAB II)
4 BAB II.pdf Download (4MB) |
|
|
Text (5 BAB III)
5 BAB III.pdf Download (7MB) |
|
|
Text (6 BAB IV)
6 BAB IV.pdf Download (11MB) |
|
|
Text (7 BAB V)
7 BAB V.pdf Download (954kB) |
|
|
Text (8 DAFTAR PUSTAKA)
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
9 LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
|
|
Text (10 SKRIPSI FULL TEXT)
10 SKRIPSI FULLTEXT.pdf Download (20MB) |
Abstract
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong dunia pendidikan untuk mengadopsi sistem evaluasi pembelajaran digital yang adaptif, interaktif, dan terstruktur. Salah satu tantangan utama dalam pembelajaran Matematika adalah rendahnya keterlibatan siswa serta keterbatasan evaluasi yang personal dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan platform evaluasi pembelajaran berbasis web bernama Edusmart dengan menerapkan algoritma Rule-Based sebagai solusi untuk meningkatkan partisipasi, efektivitas, dan hasil belajar siswa. Edusmart dirancang untuk menyajikan materi pelajaran Matematika secara bertahap, dilengkapi dengan fitur kuis, sistem poin, badge, level, dan leaderboard. Algoritma Rule-Based digunakan untuk mengatur logika pemberian reward berdasarkan aktivitas dan performa siswa. Aturan tersebut mencakup penilaian otomatis, rekomendasi materi lanjutan, serta klasifikasi badge dan level sesuai dengan skor yang diperoleh siswa. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem ini memberikan pengalaman belajar yang adaptif dan mendukung pencapaian hasil belajar yang lebih baik. Pengujian black-box terhadap fitur utama seperti login, kuis, pemberian badge, dan sistem leveling menunjukkan bahwa seluruh fungsionalitas berjalan sesuai skenario yang ditetapkan. Dengan demikian, penerapan algoritma Rule-Based dalam evaluasi pembelajaran Matematika terbukti efektif dalam meningkatkan personalisasi pembelajaran dan keterlibatan aktif siswa.
Kata kunci: Algoritma Rule-Based, Evaluasi Pembelajaran, Matematika, Poin.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Algoritma Rule-Based, Evaluasi Pembelajaran, Matematika, Poin. |
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
| Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering |
| Depositing User: | Amanda Zulfi Kurnia Tsani |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 06:05 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 06:05 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17496 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
