IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN P5 MELALUI PEMBUATAN BUKU ANTOLOGI CERITA PENDEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SDMT PONOROGO



Fitriani, Aisyah Nur, Saputro, Anip Dwi and Abidin, Nurul (2025) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN P5 MELALUI PEMBUATAN BUKU ANTOLOGI CERITA PENDEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA SDMT PONOROGO. El-Ibtidaiy Journal Of Primary Education, 8 (1). pp. 1-11. ISSN p-ISSN:2620-3251 e-ISSN: 2615-6121

[thumbnail of PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (707kB)
[thumbnail of LAPORAN ARTIKEL] Text (LAPORAN ARTIKEL)
LAPORAN ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB) | Request a copy
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of FILE ARTIKEL] Text (FILE ARTIKEL)
FILE ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[thumbnail of LAPORAN  FULL TEKS] Text (LAPORAN FULL TEKS)
LAPORAN FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elibtid...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif proyek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila (P5) dalam meningkatkan kemampuan menulis peserta didik melalui pembuatan
antologi cerita pendek. Dengan melibatkan peserta didik dalam proses kreatif untuk menulis dan
menerbitkan buku, penelitian ini melihat bagaimana proyek ini berdampak pada kreativitas,
pemikiran kritis, dan kemampuan menulis secara keseluruhan. Penelitian ini melibatkan peserta
didik dari SDMT Ponorogo yang berpartisipasi dalam proyek P5. Hasil menunjukkan bahwa
proyek tersebut berhasil meningkatkan kemampuan menulis peserta didik, terutama dalam hal
kreativitas dan kemandirian. Selain itu, proyek ini membantu orang mempelajari keterampilan
modern seperti bekerja sama dan memecahkan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
P5 dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar
peserta didik. Sekolah dapat mendorong peserta didik untuk menjadi pembelajar yang aktif dan
kreatif dengan memasukkan proyek-proyek kreatif seperti membuat antologi cerita pendek ke
dalam kurikulum.
Kata kunci – P5, Antologi cerita pendek , menulis

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata kunci – P5, Antologi cerita pendek , menulis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Departement of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
Depositing User: Aisyah Nur Fitriani
Date Deposited: 04 Nov 2025 03:17
Last Modified: 04 Nov 2025 03:17
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17657

Actions (login required)

View Item View Item