PENGARUH KUALITAS HAFALAN AL-QUR'AN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH IMAM SYUHODO SUKOHARJO
Fauzi, Ahmad (2025) PENGARUH KUALITAS HAFALAN AL-QUR'AN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA MUHAMMADIYAH IMAM SYUHODO SUKOHARJO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (surat persetujuan unggah karya)
surat persetujuan unggah karya.pdf Download (391kB) |
|
|
Text (halaman depan)
halaman depan.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (pendahuluan)
Bab I.pdf Download (291kB) |
|
|
Text (tinjauan pustaka)
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (450kB) | Request a copy |
|
|
Text (metode penelitian)
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (440kB) | Request a copy |
|
|
Text (hasil dan pembahasan)
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (penutup)
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) | Request a copy |
|
|
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (289kB) |
|
|
Text (lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Kualitas hafalan Al-Qur’an adalah sebagian dari aspek penting dalam pembentukan karakter dan menaikkan hasil belajar siswa, khususnya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Kualitas dalam menghafal Al-Qur’an tidak hanya berkaitan dengan aspek spiritual, tetapi juga memberikan pengaruh positif pada kemampuan kognitif serta kedisiplinan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana kualitas hafalan Al-Qur’an memengaruhi hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo Sukoharjo.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif korelasi. Teknik pengambilan sampel dipilih menggunakan purposive sampling, melibatkan sebanyak 47 siswa kelas XII sebagai reponden. Data dikumpulkan melalui angket tertutup untuk mengukur variabel kualitas hafalan Al-Qur’an, yang mencakup indikator ketepatan bacaan, kelancaran hafalan, kekuatan hafalan, dan pemahaman terhadap ayat yang dihafal. Adapun data mengenai hasil belajar PAI diperoleh melalui angket dan dokumentasi nilai rapor siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas hafalan Al-Qur’an siswa SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo Sukoharjo tergolong baik, yang memiliki nilai rata-rata 79 diatas nilai KKM 75. (2) Hasil belajar PAI siswa SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo Sukoharjo juga tinggi, memiliki nilai rata-rata 80. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas hafalan Al-Qur’an dan hasil belajar PAI siswa di SMA Muhammadiyah Imam Syuhodo Syukoharjo, berdasarkan hasil analisis data menggunakan regresi linier sederhana, ditemukan bahwa kualitas hafalan Al-Qur’an berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar PAI, dengan Nnlai signifikansi 0,001 yang berada di bawah 0,05 menandakan adanya hubungan yang kuat antara kedua variabel, dan nilai koefisien determinasi (R²) yang mencapai 0,895 mengindikasikan bahwa 89,5% variabel hasil belajar PAI dipengaruhi oleh kualitas hafalan Al-Qur’an.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kualitas Hafalan Al-Qur'an, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
| Depositing User: | Ahmad Fauzi |
| Date Deposited: | 04 Sep 2025 03:38 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 02:43 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/17757 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
