PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING



IMA LESTARI, HERDIYARTI (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (323kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Keterampilan Pemecahan Masalah, Project Based Learning
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan pemecahan masalah siswa yang masih rendah khususnya pada kelas X Akuntansi SMK PGRI Ngadirojo, Pacitan. Hal ini dikarenakan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang diimplementasikan oleh guru. Untuk itu, dengan penggunaan model Project Based Learning diharapkan terjadi peningkatan keterampilan pemecahan masalah dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan melalui 3 siklus, dimana untuk masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan .Subyek penelitiannya adalah siswa kelas X Akuntansi SMK PGRI Ngadirojo, Pacitan tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa sebanyak 22 anak. Adapun instrumen yang digunakan adalah tes untuk melihat peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa dan angket untuk melihat respon siswa terhadap model pembelajaran. Dari hasil tes yang telah dilakukan, telah terjadi peningkatan pada akhir siklus sehingga pencapaian indikator keberhasilan terpenuhi. Perolehan presentase skor angket siswa juga termasuk dalam katagori respon yang “baik” maupun “sangat baik”, dengan hal ini bisa dikatakan jika penggunaan model pembelajaran Project Based Learning memberikan respon “positif” bagi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 02:31
Last Modified: 30 Mar 2016 02:31
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1790

Actions (login required)

View Item View Item