PENGARUH GAME DADU DALAM METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI DAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 2 KEC. NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2015/2016



SULASTRI, NOVI (2016) PENGARUH GAME DADU DALAM METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP PRESTASI DAN DAYA INGAT SISWA PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT KELAS VII SMP NEGERI 2 KEC. NGRAYUN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Prestasi , Daya Ingat, Game Dadu, Discovery Learning
Latar belakang penelitian ini adalah siswa masih sulit untuk memahami konsep dalam matemtika.
Mereka kurang menyukai matematika karena menganggap matematika itu sulit sehingga timbul rasa malas
untuk mempelajari dan berdampak pada rendahnya prestasi siswa. Dengan kelebihan dalam metode discovery
learning dan kelebihan dari permainan matematika diharapkan dapat mempengaruhi prestasi dan kulaitas
daya ingat siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh game dadu dalam metode
discovery learning terhadap prestasi dan daya ingat siswa pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMP2
Kec. Ngrayun tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini menggunakan true eksprimen design Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP N 2
Kec. Ngrayun tahun pelajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas
eksperimen dengan 30 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 30. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah metode tes. Uji hipotesis dengan uji – t. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus-
September 2015.
Hasil uji hipotesis data prestasi siswa dengan uji – t diperoleh =1.707068 dengan =1.67155
maka nilai jatuh pada daerah kritis. Nilai rata-rata prestasi siswa dengan game dadu dalam metode
discovery learning adalah 74 dan prestasi siswa dengan pembelajaran metode discovery learning adalah
66.22. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa game dadu dalam metode discovery learning
berpengaruh lebih baik terhadap prestasi siswa pada materi operasi bilangan bulat. Hasil uji hipotesis data
daya ingat siswa dengan uji – t diperoleh = 1.720401 dengan =1.67155 maka nilai jatuh pada
daerah kritis. Nilai rata-rata daya ingat siswa dengan game dadu dalam metode discovery learning adalah
7.27 dan daya ingat siswa dengan pembelajaran metode discovery learning adalah 6.60. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa bahwa game dadu dalam metode discovery learning berpengaruh lebih
baik terhadap daya ingat siswa pada materi operasi bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Mar 2016 04:21
Last Modified: 30 Mar 2016 04:21
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1806

Actions (login required)

View Item View Item