PENERAPAN FAST CORNER DETECTION UNTUK AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT BAHASA INGGRIS DI SLBN 1 PASURUAN
Pratama, Yosa Adytia (2025) PENERAPAN FAST CORNER DETECTION UNTUK AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT BAHASA INGGRIS DI SLBN 1 PASURUAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1 SURAT UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (545kB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
2 HALAMAN DEPAN.pdf Download (10MB) |
|
|
Text (BAB 1)
3 BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (BAB 2)
4 BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 3)
5 BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 4)
6 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB 5)
7 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (960kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
9 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
|
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10 SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (67MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa Inggris berbasis Augmented Reality (AR) yang terintegrasi dengan bahasa isyarat untuk siswa tunarungu di SLBN 1 Pasuruan, dengan mengimplementasikan algoritma FAST (Features from Accelerated Segment Test) Corner Detection sebagai metode utama deteksi marker. Pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang meliputi tahap konseptualisasi, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Pengujian dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu black box testing untuk memastikan fungsionalitas aplikasi, serta pengujian performa deteksi marker menggunakan algoritma FAST dan SURF sebagai pembanding. Parameter pengujian mencakup variasi pencahayaan, jarak, dan sudut pandang kamera. Hasil pengujian menunjukkan bahwa algoritma FAST Corner Detection mampu mendeteksi marker secara cepat dan akurat, dengan rata-rata waktu deteksi 0,99 detik pada jarak optimal 30–60 cm dan sudut kamera 50°–90°. Dibandingkan algoritma SURF, FAST memiliki kecepatan deteksi lebih tinggi dan kinerja yang lebih stabil pada perangkat Android dengan sumber daya terbatas. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan algoritma FAST Corner Detection pada aplikasi AR dapat meningkatkan efisiensi dan responsivitas sistem, sehingga layak diimplementasikan sebagai media pembelajaran interaktif yang mendukung kebutuhan visual siswa tunarungu.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Android, Bahasa Isyarat, Fast Corner Detection, Tunarungu |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering |
| Depositing User: | Yosa Adytia Pratama |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 07:08 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 07:08 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
