PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK GENERASI ISLAMI SANTRIWATI PONDOK PESANTREN “WALI SONGO” NGABAR
Syaputra, Riky (2025) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK GENERASI ISLAMI SANTRIWATI PONDOK PESANTREN “WALI SONGO” NGABAR. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf Download (101kB) |
|
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (700kB) |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (274kB) |
|
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (288kB) | Request a copy |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text (TESIS FULL TEXT)
TESIS FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk generasi Islami di kalangan santriwati Pondok Pesantren Wali Songo Ngabar. Fokus utama penelitian meliputi tiga aspek pokok pendidikan Islam, yaitu akidah, ibadah, dan akhlak, serta bagaimana implementasi nilai-nilai tersebut melalui program pendidikan dan kegiatan pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai-nilai akidah, ibadah, dan akhlak dilakukan secara terstruktur melalui kurikulum formal, pembiasaan harian, keteladanan para ustadzah, serta lingkungan pesantren yang kondusif. Pendidikan akidah menanamkan pemahaman tauhid yang kuat; pendidikan ibadah membentuk kedisiplinan dan keikhlasan dalam beramal; sedangkan pendidikan akhlak membentuk karakter santriwati yang santun, jujur, dan bertanggung jawab. Implikasi dari penanaman nilai-nilai tersebut tampak dalam sikap, kebiasaan, serta semangat keagamaan santriwati yang terus berkembang ke arah positif. Penelitian ini merekomendasikan agar upaya penanaman nilai-nilai agama Islam terus ditingkatkan melalui kolaborasi antara keluarga, pesantren, dan masyarakat guna mencetak generasi muslimah yang tangguh secara spiritual, intelektual, dan sosial.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Nilai Akidah, Nilai Ibadah, Nilai Akhlak, Generasi Islami, Santriwati |
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
| Depositing User: | Riky Syaputra Riky Syaputra |
| Date Deposited: | 16 Oct 2025 01:30 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 03:37 |
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/18548 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
