PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL SISWA KELAS VI SDN 2 BEKIRING PULUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014



RIMBAWATI, ALFITRI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) PADA MATERI FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR DAN KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL SISWA KELAS VI SDN 2 BEKIRING PULUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah dengan pendekatan RME (Realistic
Mathematics Education) dapat meningkatkan aktivitas belajar pada mata pelajaran matematika siswa
kelas VI SDN 2 Bekiring, dan untuk mengetahui apakah dengan dengan pendekatan RME (Realistic
Mathematics Education) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa
kelas VI SDN 2 Bekiring. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
Realistic Mathematics Education sedangkan Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis dan Mc Taggart. Pengumpulan data diperoleh dari
lembar observasi aktivitas siswa, dan evaluasi tes hasil belajar. Hasil penelitian selama siklus satu
menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa terdapat 2 aspek yang memenuhi kriteria baik, dan
terdapat 7 aspek yang masuk kriteria cukup. Sedangkan nilai hasil belajar matematika siswa mencapai
persentase ketuntasan secara klasikal 25%. Hasil penelitian selama siklus II dari semua aspek aktivitas
siswa yang telah diamati telah mencapai kriteria baik 4 aspek dan kriteria cukup 3 aspek. Hasil belajar
matematika siswa diperoleh persentase ketuntasan secara klasikal mencapai 66,67%. Hasil penelitian
pada siklus III dari 8 aspek mencapai kriteria baik semua dan hasil belajar mencapai 91,7%
Kata kunci: Realistic Mathematics Education, aktivitas belajar siswa dan Hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 10 Apr 2014 07:19
Last Modified: 10 Apr 2014 07:19
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item