PROTOTIPE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BANTUAN PENDIDIKAN BAGU SISWA KURANG MAMPU DENGAN METODE TOPSIS
DANY ALFALAH, MOCHAMAMMAD (2016) PROTOTIPE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BANTUAN PENDIDIKAN BAGU SISWA KURANG MAMPU DENGAN METODE TOPSIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (541kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (207kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (471kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (541kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Program
Pemberian Bantuan Pendidikan Bagi Siswa Kurang Mampu hingga tahun 2012 di
Kota Ponorogo dan apakah faktor penghambatnya. Pendekatan masalah
dalam penelitian ini adalah pendekatan secara Normatif-Empiris. Sumber data
yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan
studi pustaka dan studi lapangan.
Pada tahun 2012, pelaksanaan pemberian Bantuan Pendidikan Bagi Siswa
Kurang Mampu di Kota Ponorogo belum berjalan baik, lancar, dan mampu
membiayai siswa miskin secara keseluruhan yang dibuktikan dengan hanya ada
2.750 siswa penerima Bantuan dari 2.932 pendaftar. Hal tersebut dikarenakan
banyaknya faktor penghambat, seperti dalam pendataan calon siswa penerima
Bantuan, seringkali siswa enggan memberikan surat keterangan tidak mampu
karena malas mengurusnya ke Rukun Tetangga atau Kantor Kelurahan tempat ia
tinggal, guru atau wali kelasnya tidak mendapatkan informasi mengenai siswa
yang bersangkutan miskin atau tidak, dan banyaknya siswa yang mengakungaku
miskin padahal mereka tergolong mampu adanya ketidaktepatan sasaran
dalam pelaksanaan program; terbatasnya anggaran dana Bantuan yang diberikan
pemerintah pusat dan penyaluran dana sering tidak tepat waktu.
Saran yang dapat peneliti berikan, yaitu seharusnya pemerintah pusat lebih
meningkatkan besarnya anggaran dana Bantuan Pendidikan Bagi Siswa Kurang
Mampu dan menyalurkannya secara tepat waktu, pemerintah daerah selalu
melaksanakan dan menjaga hubungan koordinasi dengan pemerintah pusat secara
baik, setiap sekolah selalu mengadakan pendataan seluruh siswa miskin dengan
baik dan intensif untuk memperoleh data yang tepat dan akurat, dan pihak-pihak
di luar program, seperti BPKP ikut terlibat dalam monitoring, evaluasi, dan
pelaporan program agar program Bantuan Pendidikan Bagi siswa Kurang
Mampu ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar.
Kata Kunci : Pendidikan, Program Bantuan Siswa Miskin, Keluarga Tidak
Mampu, Dinas Pendidikan Kota Ponorogo.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering |
Depositing User: | Editor FT |
Date Deposited: | 11 Oct 2016 08:02 |
Last Modified: | 11 Oct 2016 08:02 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |