PROTOTIPE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BANTUAN PENDIDIKAN BAGU SISWA KURANG MAMPU DENGAN METODE TOPSIS



DANY ALFALAH, MOCHAMAMMAD (2016) PROTOTIPE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBERIAN BANTUAN PENDIDIKAN BAGU SISWA KURANG MAMPU DENGAN METODE TOPSIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (541kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (541kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Program
Pemberian Bantuan Pendidikan Bagi Siswa Kurang Mampu hingga tahun 2012 di
Kota Ponorogo dan apakah faktor penghambatnya. Pendekatan masalah
dalam penelitian ini adalah pendekatan secara Normatif-Empiris. Sumber data
yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan
studi pustaka dan studi lapangan.
Pada tahun 2012, pelaksanaan pemberian Bantuan Pendidikan Bagi Siswa
Kurang Mampu di Kota Ponorogo belum berjalan baik, lancar, dan mampu
membiayai siswa miskin secara keseluruhan yang dibuktikan dengan hanya ada
2.750 siswa penerima Bantuan dari 2.932 pendaftar. Hal tersebut dikarenakan
banyaknya faktor penghambat, seperti dalam pendataan calon siswa penerima
Bantuan, seringkali siswa enggan memberikan surat keterangan tidak mampu
karena malas mengurusnya ke Rukun Tetangga atau Kantor Kelurahan tempat ia
tinggal, guru atau wali kelasnya tidak mendapatkan informasi mengenai siswa
yang bersangkutan miskin atau tidak, dan banyaknya siswa yang mengakungaku
miskin padahal mereka tergolong mampu adanya ketidaktepatan sasaran
dalam pelaksanaan program; terbatasnya anggaran dana Bantuan yang diberikan
pemerintah pusat dan penyaluran dana sering tidak tepat waktu.
Saran yang dapat peneliti berikan, yaitu seharusnya pemerintah pusat lebih
meningkatkan besarnya anggaran dana Bantuan Pendidikan Bagi Siswa Kurang
Mampu dan menyalurkannya secara tepat waktu, pemerintah daerah selalu
melaksanakan dan menjaga hubungan koordinasi dengan pemerintah pusat secara
baik, setiap sekolah selalu mengadakan pendataan seluruh siswa miskin dengan
baik dan intensif untuk memperoleh data yang tepat dan akurat, dan pihak-pihak
di luar program, seperti BPKP ikut terlibat dalam monitoring, evaluasi, dan
pelaporan program agar program Bantuan Pendidikan Bagi siswa Kurang
Mampu ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar.
Kata Kunci : Pendidikan, Program Bantuan Siswa Miskin, Keluarga Tidak
Mampu, Dinas Pendidikan Kota Ponorogo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 11 Oct 2016 08:02
Last Modified: 11 Oct 2016 08:02
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item View Item