PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PONCOL
NUR CAHYANI, ENDAR (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PONCOL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (622kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB 1.pdf Download (42kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (114kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (22kB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat pengaruh metode student
teams achievement division dan numbered heads together terhadap kemampuan pemahaman
konsep matematika siswa, (2) apakah kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang
diajar dengan metode student teams achievement divion lebih baik daripada siswa yang diajar
dengan metode numbered heads together.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan populasi mencakup seluruh
siswa kelas VII SMP Negeri 1 Poncol yang terdiri dari delapan kelas. Dari delapan kelas tersebut,
kelas VII-H dan VII-F terpilih secara acak sebagai sampel. Selanjutnya dua kelas dipilih kembali
secara acak untuk menentukan jenis perlakuan yang akan diberikan. Kelas VII-H diberi perlakuan
metode student teams achievement division dan kelas VII-F diberi perlakuan numbered heads
together. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik
analisis data untuk melihat adanya pengaruh metode student teams achievement division dan
numbered heads together terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa adalah uji-t
berpasangan, sedangkan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika siswa
yang diajar dengan metode student teams achievement divion lebih baik daripada siswa yang diajar
dengan metode numbered heads together dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian pada taraf signifikansi 0,05 menunjukkan bahwa: (1) metode student
teams achievement division dan numbered heads together berpengaruh terhadap kemampuan
pemahaman konsep matematika siswa, (2) kemampuan pemahaman konsep matematika siswa
yang mendapatkan perlakuan dengan metode student teams achievement division lebih baik
daripada siswa yang mendapatkan perlakuan berupa metode numbered heads together.
Kata Kunci: STAD, NHT, pemahaman konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 17 Nov 2016 03:01 |
Last Modified: | 17 Nov 2016 03:01 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |