PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATERI STATISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP MA’ARIF 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
SARI, APRILIANA (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATERI STATISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP MA’ARIF 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
artikel april PDF baru.pdf Download (301kB) | Preview |
![]() |
Text
bab 1-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
Preview |
Text
depan.pdf Download (414kB) | Preview |
Abstract
Sari, Apriliana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble
Pada Materi Statistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP SMP
MA’ARIF 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Program
Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Pembimbing: Dwi Avita Nurhidayah, M.Pd
Kata Kunci :Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar.
Mayoritas siswa mengatakan bahwa matematika adalah suatu pelajaran
yang menjenuhkan dengan alasan selalu menghitung dan memusingkan. Bahkan
siswa merasa bosan menerima pelajaran matematika. Kebosanan itu dapat dilihat
dari tingkah laku anak pada saat pelajaran matematika mereka selalu mengantuk
atau mencari kesibukan lain pada jam pelajaran. Metode yang digunakan kurang
bervariasi, menyebabkan minat belajar siswa menjadi sulit ditumbuhkan. Oleh
karena itu, dibutuhkan ketekunan, keuletan, perhatian, dan tentunya minat yang
tinggi untuk memahami materi pelajaran matematika. Selain itu, metode
pembelajaran yang efektif akan membantu meningkatkan hasil belajar
siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa model pembelajaran
kooperatif tipe Scramble lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap
hasil belajar siswa.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini
adalah True Eksperimental Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IX SMP MA’ARIF 1 PONOROGO berjumlah 220 siswa. Penentuan
kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan cara random dan postest design.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi nilai
UTS dan postes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t
(Iindependent Sample t-test) dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model
pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar matematika siswa.
Data diuji menggunakan pengujian hipotesis, uji yang dipakai uji t dimana
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 16 Apr 2014 03:36 |
Last Modified: | 16 Apr 2014 03:36 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/286 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |