PERANCANGAN APLIKASI PANDUAN GERAKAN JU-JITSU BERBASIS ANDROID
WIJAYA, ERIK (2017) PERANCANGAN APLIKASI PANDUAN GERAKAN JU-JITSU BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Preview |
Text
Halaman Pembukaan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (104kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (359kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
Abstract
Atlet merupakan bagian yang paling utama di dalam materi ataupun kejuaraan
pada timgkat berapapun itu. Dalam hal ini, atlet yang dimaksud adalah atlet Ju-Jitsu. Jika
pada materi sebelumnya setiap atlet akan dibebani gerakan gerakan untuk memenuhi
kewajiban ujian kenaikan tingkat. Dalam hal ini peran pelatih atau asisten pelatih ( kyu II
dan kyu I ) sangat berguna bagi atlet. Akan tetapi terkadang para atlet malas atau bahkan
belum yakin akan apa yang mereka dengarkan dari penyampaian pelatih. Dari situlah
dibutuhkan aplikasi yang dapat menarik para atlet menghafal dan mendalami materi
mereka sehingga aktif tidak hanya dalam dojo/UKM tetapi juga diluar lingkup dojo/UKM.
Selain itu, aplikasi ini juga dapat mempermudah para atlet maupun para pelatih.
Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan adanya sebuah program atau aplikasi berupa
panduan gerakan tiap tingkatan yang mana nantinya dapat menyelesaikan kendala
ataupun masalah yang berkaitan dengan gerakan, materi, serta pemahaman ke setiap
atlet. Android dipilih dalam perancangan ini agar pengguna dapat melakukan proses
identifikasi menggunakan aplikasi dimana saja dan kapan saja. Dalam proses perancangan
aplikasi ini, penulis melakukan wawancara langsung kepada pelatih dojo UKM Ju-Jitsu
Universitas Ponorogo dan buku Institut Ju-Jitsu Indonesia untuk memperoleh informasi
yang valid mengenai data sejarah, sumpah semboyan, serta materinya. Pada tahap proses
menentukan pilihan materi yang akan dipelajari sesuai kebutuhan tingkat kyu pengguna
aplikasi, tanpa mengabaikan fungsi seorang pelatih.
Kata kunci : Aplikasi, Android, Ju-Jitsu, Kyu, Ukm Jump.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering |
Depositing User: | Editor FT |
Date Deposited: | 16 May 2017 06:42 |
Last Modified: | 16 May 2017 06:42 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3016 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |