UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN
MELAWATI, ANGGELA (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
Preview |
Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (108kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (280kB) | Preview |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (419kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (432kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pembelajaran dikelas didapat bahwa
siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang berbeda tetapi
dalam satu konsep yang sama. Dapat dikatakan bahwa siswa belum mampu
mengembangkan pengetahuan mereka sendiri tentang konsep yang telah mereka pelajari.
Hal ini disebabkan karena siswa tidak memperhatikan ketika guru menerangkan sehingga
siswa tidak bisa mengungkapkan kembali pengetahuan yang mereka peroleh. Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Kauman.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kauman yang berjumlah 31 siswa.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, peneliti. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dan observasi. Sedangkan
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep dan
lembar observasi pembelajaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep
matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kauman melalui pembelajaran
matematika dengan strategi pembelajaran think talk write dapat disimpulkan pemahaman
konsep siswa meningkat. Pada siklus 1 hasil tes pemahaman konsep matematika
menunjukkan dalam kriteria baik. Namun pada indikator keberhasilannya sangat baik.
Sehingga harus dilanjutnya pada siklus 2. Dan pada siklus 2 menunjukkan hasil tes
pemahaman konsep matematika menunjukkan kriteria sangat baik sehingga sudah
tercapai dengan indikator keberhasilannya. Dari siklus 1 ke siklus 2 sudah mengalami
peningkatan. Hasil observasi pembelajaran dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan
respon yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran
think talk write. Pada siklus 1 sudah termasuk dalam kriteria baik namun lebih
dimaksimalkan lagi aktifitas pembelajaran pada siklus 2. Dan pada siklus 2 sudah
menunjukkan kriteria baik dengan aktifitas pembelajaran lebih maksimal.
Kata Kunci:Strategi Think Talk Write, pemahaman konsep matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 11 Jul 2017 04:43 |
Last Modified: | 11 Jul 2017 04:43 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |