IMPLEMENTASI KURIKULIJM 2013 PADA MATA PEI.AJARAN AQIDAH AKIII.AK DI MADRASAH AI,IYAH MIIHAMMADIYAH 4 BITON SIMAN PONOROGO



Fauzan, Ahmad (2017) IMPLEMENTASI KURIKULIJM 2013 PADA MATA PEI.AJARAN AQIDAH AKIII.AK DI MADRASAH AI,IYAH MIIHAMMADIYAH 4 BITON SIMAN PONOROGO. D4 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of A. HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
A. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of B. BAB I.pdf]
Preview
Text
B. BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of C. BAB II.pdf] Text
C. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of D. BAB III.pdf] Text
D. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of E. BAB IV.pdf] Text
E. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of F. BAB V.pdf] Text
F. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of G. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
G. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of H. LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
H. LAMPIRAN.pdf

Download (10MB) | Preview
Official URL: https://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Berdasarkan tujuan pendidikan yang tetuang dalam Undarg-Undang Republik
Indonesia nomor 20 tahur 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pemerintah
dengan serius berusaha meningkatkan mengenai kualitas manusia Indonesia yang
harus dikembangkan oleh setiap sah.ran pendidikan. Tujuan pendidikan nasional itu
merupakan numrsan mengenai kualitas manusia Indonesia yarg harus dikembangkan
oleh setiap satun pendidikan. Pembelajaran Tematiklntegratif yang ditempkan
sebagai wujud implementasi Kurikulum 2013 menunbuhkan harapan agar
pembelajaraa sehingga berlangsrmg dalam suasaftr menyenangkan dar, enjoy- Dalam
pembelajaran ini, gruu menlajikan materi secara kontekshral berdasarkan lingkrmgan
alam sehingga pembelajaran menjadi cukup bermakna. Siswa bisa berada dalam
kegembiraan berenang-renarg dalam ilmu, bisa mengembangkan kreativitasryra, dan
bisa mengambil hiknah dad setiap pembelajaran sehingga peserta didik dapat
mengasah potensi dirinla seca.ra utuh dan menyehuuh: kognitif, psikomotorik, dan
afeltif.
MA Muhammadi)ah 4 Beton Siman Ponorogo adalah salah satu madrasah yang
ada di Ponorogo. Madrasah yang beralamatkan di Jalan Noyorono No. 25 Beton
Siman Ponorogo ini adalah salah satu madrasah yang sudah menerapkan Kurikulum
2013. Tujuan dari penelitian ini adalah Implementasi Kurikulum 2013 pada mata
pelajaran Aqidah Akhlak, unhrk mengehhui upala guu dan madrasah dalam rangka
mengimplementasikan Kuikulum 2013 pada mata pelajaran Aqidah Akhlak dan
menjelaskan kendala dan solusi dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata
pelajaran Aqidah Akhlak di MA Muhammadi)ah 4 Beton Siman Ponorogo
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan
datanya dilakukan dengan metode inteNew, observasi, dan dokumentasi. Analisis
yang digrurakan adalah analisis kualitatif non statistik dengan analisis deshiptif
sebagai penlajian dahnya.
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan terutama pelaksanaan kurikulum
2013 semua stakeholder di madrasah harus saling kerjasama mulai dari perencanaan
sampai pada evaluasi dan juga pengembangan potensi peserta didik utuk menjadi
pribadi beryerilaku baik yarg mencerminkaa budala dan karakter ba.rrgsa. Dari hasil
analisis dibuktikan bahwa Implemenhsi Kruikulum 2013 sebagian besar berjalan
dengan baik dan cukup bagus meskipun ada hambatan dan kekruangan.
Kata kunci : Implementasi Kurikulum 2013, Aqidah Akhlak, Madrasah Alilah

Item Type: Thesis (D4)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:47
Last Modified: 19 Oct 2017 04:47
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item