UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII F SMP NEGERI 1 KECAMATAN BALONG
LILA, NURANI (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS VII F SMP NEGERI 1 KECAMATAN BALONG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
| ![HALAMAN DEPAN.pdf [thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text HALAMAN DEPAN.pdf Download (755kB) | 
| ![BAB I.pdf [thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (459kB) | 
| ![BAB II.pdf [thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Download (464kB) | 
| ![BAB III.pdf [thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | 
| ![BAB IV.pdf [thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (492kB) | 
| ![BAB V.pdf [thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) | 
| ![DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (429kB) | 
| ![LAMPIRAN.pdf [thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Download (4MB) | 
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dengan model Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek peneliti adalah siswa kelas VII F di SMP Negeri 1 Kecamatan Balong yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah non – tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi guru dan siswa. Analisis data menggunakan deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: Kemampuan siswa yang dengandiajar model Problem Based Learning secara klasikal mengalami peningkatan, antara lain: kemampuan siswa memahami masalah sebesar 96,8%;kemampuan siswa merencanakan strategi penyelesaian masalah sebesar 80,9%;kemampuan siswa menyelesaikan masalah sebesar 86,8% dan kemampuan siswa menafsirkan solusinya atau mengecek kembali sebesar 85,3%. Untuk peningkatan rata –rata observasi kegiatan guru dalam siklus I sebesar 73,5% sedangkan pada siklus II perolehan observasi kegiatan guru sebesar 84%. Untuk kegiatan guru dalam model Problem Based Learning mengalami peningkatan dengan kategori baik.
Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Problem Based Learning.
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics | 
| Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics | 
| Depositing User: | Editor FKIP | 
| Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:38 | 
| Last Modified: | 08 Oct 2018 06:38 | 
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4299 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      