ANALISIS SENTIMENT TERHADAP JASA EKSPEDISI PENGIRIMAN BARANG POS INDONESIA MELALUI FACEBOOK DENGAN METODE NAÏVE BAYES DAN LEXICON BASED
AF IDA, KHUSNA (2018) ANALISIS SENTIMENT TERHADAP JASA EKSPEDISI PENGIRIMAN BARANG POS INDONESIA MELALUI FACEBOOK DENGAN METODE NAÏVE BAYES DAN LEXICON BASED. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
| ![HALAMAN DEPAN.pdf [thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text HALAMAN DEPAN.pdf Download (573kB) | 
| ![BAB I.pdf [thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB I.pdf Download (212kB) | 
| ![BAB II.pdf [thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB II.pdf Download (197kB) | 
| ![BAB III.pdf [thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | 
| ![BAB IV.pdf [thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) | 
| ![BAB V.pdf [thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) | 
| ![DAFTAR PUSTAKA.pdf [thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) | 
| ![LAMPIRAN.pdf [thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text LAMPIRAN.pdf Download (39kB) | 
Abstract
Pos Indonesia merupakan  satu-satunya ekspedisi tertua yang sudah memiliki cukup banyak pelanggan, sehingga munculnya  tingkat kepuasan yang berbeda-beda seperti pendapat Pro dan Kontra  terhadap kinerja jasa ekspedisi Pos. Media sosial  seperti facebook  sebagai wadah masyarakat untuk menyampaikan pendapat, saran, keluhan dan pengaduan  secara cepat dan real time. Banyaknya masyarakat yang menggunkan sosial media berdampak pada bertambahnya peran berbagai informasi diruang publik menyebabpkan berkembangnya opini masyarakat yang harus ditanggapi. Pada penelitian ini menggunakan Analisis sentimen sebagai pengidentifikasi opini negatif, Positif dan netral. Memanfaatkan  metode naïve bayes, metode lexicon bassed dan aplikasi weka  untuk mengklsifikasikan setiap kalimat opini. Pengklasifikasian data mengambil 300 komentar  pada setiap upload yang membahas tentang layanan jasa ekspediai pada akun facebook milik Pos Indonesia. Hasil dari penelitian ini menghasilkan nilai sentimen positif sebesar 91% opini negatif 96% dan opini netral 113%. Dari data tersebut sentimen netral memiliki nilai tertinggi. 
 Kata kunci – analisis sentimen, aplikasi weka, jasa ekspedisi, klasifikasi, lexicon based, naïve bayes, opini pablik
| Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) | 
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) | 
| Divisions: | Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering | 
| Depositing User: | Editor FT | 
| Date Deposited: | 09 Oct 2018 03:42 | 
| Last Modified: | 09 Oct 2018 03:42 | 
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4324 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      