SISTEM PAKAR PENDETEKSI PENYAKIT TANAMAN KELAPA DI KABUPATEN PONOROGO DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY



DEDY, WIJANARKO SAPUTRO (2018) SISTEM PAKAR PENDETEKSI PENYAKIT TANAMAN KELAPA DI KABUPATEN PONOROGO DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Tanaman kelapa (Cocos nucifera L.) atau nama lainya pohon kehidupan (tree for life) merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat sekaligus memiliki nilai ekonomi tinggi. Pada bagian tanaman ini hampir seluruhnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia mulai dari akar, batang, daun dan buah. Didaerah Ponorogo banyak petani yang menanam pohon kelapa untuk menambah penghasilan mereka. Namun pengetahuan yang minim membuat para petani kesusahan untuk mengelola dan memanfaatkan pohon kelapa secara maksiamal. Berdasarkan hal tersebut penulis mencoba membangun sebuah aplikasi yang akan membantu untuk mempermudah para petani dalam mengelola dan memanfaatkan tanaman kelapa dengan membuat aplikasi sistem pakar tanaman kelapa. Sistem pakar (expert system) adalah suatu perkembangan teknologi yang memiliki konsep untuk meniru pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti layaknya para pakar (expert). Logika fuzzy merupakan suatu metode penyelesaian masalah dengan cara yang tepat untuk suatu runang input ke dalam ruang output. Perancangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman php sebagai backend dan html sebagai desain(frontend). Pengujian aplikasi yang dilakukana penulis memberikan hasil aplikasi dapat mengidentifikasi masalah dengan cepat dan memberikan prosentase untuk hasil yang dikeluarkan. Dengan adanya aplikasi tersebut penulis berharap dapat membantu para petani pohon kelapa untuk mengatasi pada tanaman mereka.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Pohon kelapa, Logika Fuzzy,PHP, HTML

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 09 Oct 2018 04:03
Last Modified: 09 Oct 2018 04:03
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4337

Actions (login required)

View Item View Item