PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTERAKTIF UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN AR (AUGMENTED REALITY) PADA PLATFORM ANDROID



JAINAL, MUTTAQIN (2018) PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK INTERAKTIF UNTUK TINGKAT SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN AR (AUGMENTED REALITY) PADA PLATFORM ANDROID. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (96kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan sistematis untuk mewujudkan suasana
belajar dalam proses pembelajaran agar peserta didik mampu mengembangkan
potensi dirinya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi untuk digunakan
sebagai media pembelajaran tematik interaktif untuk sekolah dasar yang mampu
mengembangkan sisi kognitif, afektif, serta psikomotorik siswa. Adapun
pengembangan aplikasi ini adalah untuk membantu proses pembelajaran pada
pelajaran tematik sekolah dasar menjadi lebih interaktif dengan menggunakan
teknologi augmented reality. Dari penelitian ini dikembangkan media aplikasi yang
mampu memberikan visualisasi 3D serta diberikan juga audio dan teks secara
bersamaan pada materi yang diberikan. Perancangan media aplikasi ini
menggunakan Unity 3D dan Vuforia serta Blender untuk mengembangkan animasi
3D. Aplikasi ini menggunakan marker yang akan dikenali sistem untuk selanjutnya
ditampilkan materi sesuai dengan marker yang di deteksi. Untuk mengembangkan
aspek afektif dan psikomotorik maka marker dibuat menjadi garis putus-putus
sehingga siswa harus menggambar marker jika ingin menampilkan informasi
materi yang diinginkan. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi yang dijalankan di
dua perangkat uji LG Nexus 5 dengan versi sistem operasi android berbeda
menggunakan framework appcrawler pada aplikasi testdroid menunjukkan
penggunaan CPU maksimum aplikasi adalah sekitar 60% serta penggunaan memory
maksimum sekitar 300MB. Pengujian menggunakan Testdroid menunjukkan
bahwa media aplikasi tematik ini dapat berjalan baik meskipun dijalankan pada
perangkat android berbeda.
Kata Kunci : Augmented Reality, Tematik, Unity 3D, Vuforia

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: Editor FT
Date Deposited: 09 Oct 2018 06:14
Last Modified: 09 Oct 2018 06:14
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4351

Actions (login required)

View Item View Item