POLA PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNANETRA PADA PANTI ASUHAN TUNANETRA TERPADU AISYIYAH PONOROGO
WAHYU, DEWI YULIANA (2018) POLA PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNANETRA PADA PANTI ASUHAN TUNANETRA TERPADU AISYIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
![]() |
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan
pelaksanaan pendidikan karakter kemandirian bagi anak berkebutuhan khusus
tunanetra di Panti Tunanetra Terpadu Aisyiah Kabupaten Ponorogo, (2)
menciptakan pola pendidikan karakter kemandirian anak berkebutuhan khusus
tunanetra pada Panti Tunanetra Terpadu Aisyiah Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan groundet
theory. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu
Aisyiyah Ponorogo dengan informan yaitu kepala panti asuhan, pengurus bidang
pendidikan dan anak asuh tunanetra. Prosedur pengumpulan data dengan
menggunakan prosedur wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data,
verifikasi dan penegasan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah
1. Pelaksanaan pendidikan karakter kemandirian di Panti Asuhan Tunanetra
Terpadu Aisyiyah Ponorogo sudah terlaksana dengan baik, sesuai dengan ciriciri
karakter kemandirian sebagai berikut ;a) Kecenderungan memecahkan
masalah dari pada berkutat dalam kekhawatiran bila terlibat masalah ;b) Tidak
takut mengambil resiko karena sudah mempertimbangkan baik buruknya ;c)
Percaya terhadap penilaian sendiri sehingga tidak sedikit-sedikit bertanya atau
minta bantuan ;d) Mempunyai kontrol yang lebih baik terhadap hidupnya.
2. Pola pendidikan karakter kemandirian anak berkebutuhan khusus tunanetra
pada Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo yaitu ;a) Asessment
awal dilakukan tindakan berupa pencatatan identitas dari anak asuh maupun
orang tuannya ;b)OMD(orientasi mobilitas dasar) yang berupa pelatihan
kegiatan keseharian ;c)Menggali bakat untuk melatih maupun mengembangkan
bakat yang dimiliki oleh anak asuh dan ;d) OML (Orientasi mobilitas lanjutan)
kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan dimasyarakat,
kegiatan tersebut dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kegiatan keseharian
anak.
Kata Kunci: Pola Pendidikan, Karakter Kemandirian, Anak Berkebutuhan
Khusus Tunanetra, Panti Asuhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 11 Apr 2019 03:00 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 03:00 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |