PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF DENGAN SWISHMAX PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XII IPA
Eka , Finnahaniah (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF DENGAN SWISHMAX PADA MATERI TRANSFORMASI GEOMETRI UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XII IPA. S3 thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
| Preview | Text Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dengan Swishmax Pada Materi Transformasi Geometri Untuk Siswa SMAMA Kelas XII IPA.pdf Download (160kB) | Preview | 
| ![SKRIPSI EKA FINNA H..pdf [thumbnail of SKRIPSI EKA FINNA H..pdf]](https://eprints.umpo.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text SKRIPSI EKA FINNA H..pdf Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (11MB) | 
Abstract
Finna, Eka Haniah. 2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Dengan Swishmax Pada Materi Transformasi Geometri Untuk Siswa SMA/MA Kelas XII IPA”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Drs. H. Sumaji, M.Pd
Kata Kunci : Media Pemelajaran, Swishmax, Tranformasi geometri,
Dewasa ini, dunia pendidikan telah bayak mengalami perubahan. Perubahan itu merupakan imbas dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat. Dampak dari perubahan tersebut secara langsung ataupun tidak langsung mempengaruhi proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang dianggap kurang menarik bagi siswa akan tergeser digantikan oleh proses pembelajaran yang lebih menarik dan efisien.  
Swishmax merupakan salah satu program animasi. Software ini merupakan program untuk mendesain grafis animasi yang sangat populer dan banyak digunakan desainer grafis. Kelebihan Swishmax terletak pada kemampuannya menghasilkan animasi gerak dan suara dengan cara yang lebih mudah dibandingkan dengan software animasi yang lain. Tujuan penulisan ini adalah mendesain dan membuat media pembelajaran matematika  interaktif dengan swishmax pada materi transformasi geometri untuk siswa SMA/MA kelas XII IPA. 
Tranformasi geometri merupakan materi yang membutuhkan visualisasi dalam pemahaman konsepnya. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan materi tersebut dengan jelas. Untuk mendapatkan produk media pembelajaran yang diinginkan penelitian ini menggunakan metode Sugiyono yang terdiri dari delapan langkah  yaitu 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan informasi, 3) desain produk, 4) Validasi desain, 5) perbaikan desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, dan  8) hasil akhir.
Kualitas  produk  media  yang  dikembangkan  berdasarkan  validasi  dosen ahli  materi  sebesar  80%  termasuk  dalam  kategori  sangat  baik,  validasi  oleh dosen  ahli  media  sebesar  86,66 %    termasuk  dalam  kategori  sangat  baik. Hasil  angket tanggapan siswa memperoleh persentase sebesar 78 %, termasuk kategori cukup valid.  Artinya,  sebagian  besar  siswa   setuju  dengan  proses  belajar dengan media pembelajaran. Pada penggunaan media pembelajaran transformasi geometri yang dikembangkan, keseluruhan  penilaian  berdasarkan  hasil  validasi  dosen  ahli  materi, validasi dosen ahli media, penilaian guru matematika, dan ujicoba kepada siswa kelas  siswa MA Muhammadiyah 1 Ponorogo kelas XII IPA,  memperoleh  rata-rata  persentase  79% termasuk  dalam  kategori  valid
| Item Type: | Thesis (S3) | 
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics | 
| Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics | 
| Depositing User: | Editor FKIP | 
| Date Deposited: | 26 Mar 2014 01:54 | 
| Last Modified: | 28 Mar 2014 03:42 | 
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/49 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      