PENGEMBANGAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT UNTUK SISWA SMA



Wahyudi, Wahyudi (2016) PENGEMBANGAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT UNTUK SISWA SMA. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika dengan tema ”Pengembangan 4C’s dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dalam Pengembangan Kurikulum Matematika", 28 Mei 2016, Malang.

[thumbnail of 7. Artikel Prosiding Pasca UM Malang (Agustus 2016) UM MALANG.pdf] Text
7. Artikel Prosiding Pasca UM Malang (Agustus 2016) UM MALANG.pdf

Download (920kB)
[thumbnail of 12. PEER REVIEW GABUNGAN PROSIDING UM MALANG 2016.pdf] Text
12. PEER REVIEW GABUNGAN PROSIDING UM MALANG 2016.pdf

Download (785kB)
[thumbnail of PROSIDING_UM_WAHYUDI.pdf] Text
PROSIDING_UM_WAHYUDI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penalaran matematis merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh
siswa dalam belajar matematika karena penalaran dan matematika merupakan satu
kesatuan yang tidak terpisahkan. Penalaran matematis digunakan untuk menarik suatu
kesimpulan dengan benar berdasarkan fakta-fakta atau bukti-bukti yang ada. Pada
dasarnya semua materi matematika dapat dikembangkan untuk meningkatkan
kemampuan penalaran matematis, antara lain materi persamaan kuadrat. Kajian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis pada materi persamaan kuadrat
untuk siswa SMA. Kemampuan penalaran matematis pada materi persamaan kuadrat
dapat dikembangkan dengan empat indikator yaitu: siswa mampu mengidentifikasi
bentuk, siswa mampu membuat dugaan, siswa mampu memberikan argumen, dan siswa
mampu menarik suatu kesimpulan yang berkaitan dengan persamaan kuadrat. Deskripsi
pengembangan penalaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif pengembangan penalaran
matematis agar siswa mampu memahami dan menguasai materi tersebut dengan dilandasi
penalaran. Selain itu, adanya peran guru dalam mengembangkan penalaran diharapkan
mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Kata kunci: penalaran matematis, persamaan kuadrat, metode penyelesaian.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:09
Last Modified: 05 Jul 2019 07:09
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item View Item