Memudahkan Pelaporan Perkembangan Anak TK Melalui Program Aplikasi



Harmanto, Bambang and Kristiana, Dian (2017) Memudahkan Pelaporan Perkembangan Anak TK Melalui Program Aplikasi. JURNAL AUDI Kajian Teori dan Praktik di bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (2). pp. 103-110. ISSN ISSN 2528-3359 (Print) ISSN2528-3367 (Online)

[thumbnail of PR MEMUDAHKAN PELAPORAN.pdf] Text
PR MEMUDAHKAN PELAPORAN.pdf

Download (829kB)
[thumbnail of Plagiasi Memudahkan Pelaporan Perkembangan Anak Tk Melalui Program Aplikasi.pdf] Text
Plagiasi Memudahkan Pelaporan Perkembangan Anak Tk Melalui Program Aplikasi.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Peereview (Dian Kristiana)] Text (Peereview (Dian Kristiana))
3 PR memudahkan pelaporan.pdf - Accepted Version

Download (566kB)
[thumbnail of 3 MEMUDAHKAN PELAPORAN PERKEMBANGAN ANAK TK MELALUI PROGRAM APLIKASI.pdf] Text
3 MEMUDAHKAN PELAPORAN PERKEMBANGAN ANAK TK MELALUI PROGRAM APLIKASI.pdf

Download (650kB)
Official URL: https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/artic...

Abstract

Pelaporan hasil evaluasi perkembangan anak di TK sering membuat guru merasa
kesulitan. Model pelaporan perkembangan anak secara manual masih sering
dilakukan oleh sebagian besar guru TK. Pelaporan yang tidak distandarkan
berpotensi menimbulkan salah paham bagi pembacanya. Oleh karena itu, paper ini
memaparkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis tentang alternatif
pemecahan yang bisa dimanfaatkan oleh guru TK dalam menulis raport
menggunakan program aplikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian
pengembangan. Dengan terobosan yang ditawarkan, guru TK dapat merasakan
kemudahannya dalam mendiskripsikan laporan penilaiannya. Dengan penulisan
kriteria yang telah tersedia dalam aplikasi memungkinkan guru yang memliki
keterbatasan menyusun kalimat merasa terbantu. Waktu yang digunakan untuk
mengisi paporan menjadi lebih efisien dan penampilannya rapi. Kehilangan laporan
atau kekeliruan dalam penulisan bisa diantisipasi dengan mencetak ulang rekap
dokumen yang telah tersimpan. Layanan kepada siswa diharapkan tidak terganggu
lagi dengan adanya bantuan penulisan laporan hasil penilaian secara otomatis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Reporting, Application Program, TK.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of English
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 17 Sep 2019 03:29
Last Modified: 08 Jun 2022 02:59
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4917

Actions (login required)

View Item View Item