PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BABADAN
Sari, Aulia Diana and SUHENDAR, UKI (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BABADAN. JURNAL ILMIAH MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO HEALTH SCIENCES JOURNAL, 3 (2). pp. 57-69. ISSN ISSN2598-1188 (Print) ISSN2598-1196(Online)
![]() |
Text
6. edupedia OKTOBER 2019 aulia diana sari.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
6. peer review penerapan model pemb probing.pdf Download (772kB) |
![]() |
Text
6. plagiasi PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII F SMP NEGERI 1 BABADAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pelajaran
matematika peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 1 Babadan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)
mendeskripsikan penerapan model pembelajaran probing prompting yang dapat meningkatkan motivasi
belajar matematika peserta didik, (2) mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar matematika peserta
didik melalui model pembelajaran probing prompting. Salah satu cara untuk meningkatkan motivasi
belajar matematika peserta didik adalah menerapkan model pembelajaran probing prompting. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik
kelas VIII F SMP Negeri 1 Babadan yang berjumlah 24 peserta didik. Pengambilan data yang dilakukan
melalui lembar observasi motivasi peserta didik, angket motivasi belajar peserta didik dan lembar
keterlaksanaan pembelajaran oleh guru. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil
penelitian diperoleh kesimpulan bahwa motivasi belajar peserta didik meningkat setelah diterapkannya
model pembelajaran probing prompting dengan upaya perbaikannya yaitu : 1) Penyampaian materi yang
lebih menarik, 2) Guru menekankan kepada peserta didik akan pentingnya berperan aktif dan percaya diri,
3) Memberikan soal-soal secara individu. Hal ini didukung dengan hasil analisis lembar observasi peserta
didik yang telah memenuhi minimal kriteria cukup termotivasi. Begitu pula lembar keterlaksanaan kegiatan
guru yang memenuhi kriteria sangat baik. Setelah diterapkan langkah tersebut terbukti bahwa tiap
indikator motivasi belajar peserta didik mencapai minimal motivasi tinggi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Probing Prompting, Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 25 Mar 2021 02:38 |
Last Modified: | 25 Mar 2021 02:38 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |