RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN MATERI PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) BERBASIS ANDROID DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO
Rahmawati, Ida Yeni, Aziz, Firman and Wahyono, Tri RANCANG BANGUN APLIKASI PENGENALAN MATERI PENGAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) BERBASIS ANDROID DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. In: Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (KIPBIPA) XI.
![]() |
Text
15. PROSIDING INTERNASIONAL KIPBIPA XI RANCANG BANGUN.pdf Download (255kB) |
![]() |
Text
15. HASIL PLAGIASI RANCANG BANGUN APLIKASI.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Peereview.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pada era revolusi 4.0 seperti saat ini, teknologi memiliki dampak yang sangat
besar dalam segala bidang. Pendidikan merupakan salah satu bidang yang sangat
membutuhkan sentuhan teknologi guna mengikuti perkembangan industri revolusi
4.0. Bidang pendidikan bahasa Indonesia secara khusus lebih membutuhkan inovasi
teknologi. Bahasa Indonesia di era milenial ini, dijadikan sebagai wahana untuk
berdiplomasi di kancah internasional. Selama ini bahasa Indonesia sudah dikenalkan
diberbagai negara di dunia, namun masih kurang sekali sentuhan teknologi yang
digunakan untuk mendiplomasikan bahasa Indonesia dikancah internasional.
Perserikatan Muhammadiyah dalam hal ini, sangat prospektif untuk mengembangkan
inovasi teknologi khususnya dalam bidang diplomasi bahasa Indonesia dikancah
internasional. Bentuk dari diplomasi bahasa Indonesia selama ini dikenal dengan
pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing atau yang dikenal dengan
pengajaran BIPA. Pengajaran BIPA di sini lebih mengenalkan pada pengajaran bahasa
Indonesia, dan budaya Indonesia. Bahasa dan budaya Indonesia selama ini sangat
diminati oleh wisatawan mancanegara. Dengan adanya alasan tersebut maka,
penelitian ini bertujuan untuk mngembangkan inovasi di bidang teknologi, dengan
bentuk aplikasi berbasis android untuk pengajaran BIPA di Universitas
Muhamamdiyah Ponorogo. Metode penelitian ini ialah menggunakan metode
waterfall. Metode waterfall ini terdiri dari empat tahapan yakni tahapan analisi,
desain, coding, dan tahap tes. Berdasarkan hasil penerapan aplikasi ini pada proses
pembelajaran BIPA, mahasiswa merasa lebih senang dalam belajar bahasa Indonesia.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 03:08 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 03:08 |
URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6407 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |