THE DEVELOPMENT OF CHILDREN LEARNING ACCORDING TO ITS CHARACTERISTIC (CHILATIC) LEARNING STRATEGY FOR EARLY CHILDHOOD EDUCATION



Wulansari, Betty Yulia, Kristiana, Dian and Fadhli, Muhibuddin ORCID: https://orcid.org/0000-0002-4935-0701 THE DEVELOPMENT OF CHILDREN LEARNING ACCORDING TO ITS CHARACTERISTIC (CHILATIC) LEARNING STRATEGY FOR EARLY CHILDHOOD EDUCATION. Jurnal Indria Jurnal Ilmiah Pendidikan PraSekolah dan Sekolah Awal, 3 (2). pp. 84-93. ISSN ISSN 2579-7255 (Print) ISSN 2524-004X (Online)

[thumbnail of 01 INDRIA 2018 CHILATIC .pdf] Text
01 INDRIA 2018 CHILATIC .pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 01 TURNTIN INDRIA 2018 CHILATIC.pdf] Text
01 TURNTIN INDRIA 2018 CHILATIC.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 1 The Development Of Children Learning According To Its Characteristic (Chilatic) Learning Strategy For Early Childhood Education.pdf] Text
1 The Development Of Children Learning According To Its Characteristic (Chilatic) Learning Strategy For Early Childhood Education.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Peereview (Dian Kristiana)] Text (Peereview (Dian Kristiana))
1 PR the development.pdf - Accepted Version

Download (6MB)
Official URL: http://journal.umpo.ac.id/index.php/indria/article...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran anak berdasarkan
Karakteristiknya (Chilatic) unuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian R & D yang didukung oleh metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah
pengembangan strategi pembelajaran Chilatic. Strategi belajar chilatic adalah strategi
pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mendapatkan
pendampingan pembelajaran secara individual oleh guru. Sintaksis strategi belajar Chilatic
dimulai dari kegiatan awal, kegiatan utama, dan kegiatan akhir, dalam kegiatan ini strategi
ini muncul dengan pola: 1) Memberikan penjelasan tentang kegiatan, 2) kontrak belajar
dengan siswa, 3) memberikan izin kepada siswa untuk bermain bebas dan memanggil satu
anak untuk didampingi secara individu dalam melakukan tugas, 4) jika anak yang
didampingi selesai, anak diizinkan untuk bermain dan memanggil anak-anak lain sampai
akhir. Manfaat dari strategi ini mudah digunakan oleh guru,, memenuhi kebutuhan layanan
anak individual karena irama pemahaman belajar anak tidak lebih dari 10 menit,
mengetahui perkembangan setiap siswa secara detail, Memberikan permainan gratis
kepada anak-anak tanpa mengurangi perhatian melalui pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: learning strategy, chilatic, early childhood education
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 06 May 2021 04:16
Last Modified: 08 Jun 2022 02:39
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6484

Actions (login required)

View Item View Item