IMPLEMENTASI KURIKUL UM PAI DI SMPIT SUBULUL HUDA MADIUN DAN KURIKULUM PAI SEBAGAI RUMPUN DI MTs NEGERI 9 MAGETAN
Hidayat, Lukman (2021) IMPLEMENTASI KURIKUL UM PAI DI SMPIT SUBULUL HUDA MADIUN DAN KURIKULUM PAI SEBAGAI RUMPUN DI MTs NEGERI 9 MAGETAN. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
| Text Halaman Depan.pdf Download (1MB) | |
| Text BAB I.pdf Download (443kB) | |
| Text BAB II.pdf Download (730kB) | |
| Text BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) | |
| Text BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (693kB) | |
| Text BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (297kB) | |
| Text DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) | |
| Text LAMPIRANN.pdf Download (1MB) | 
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi kurikulum PAI yang dilaksanakan di SMPIT Subulul Huda Madiun dan Mts Negeri 9 Magetan, serta mengetahui perbedaan dan persamaan implementasi kurikulum PAI pada kedua sekolah/madrasah tersebut
Penelitian ini adalah penelitian lapangan,  menggunakan metode deskriptif
kualitatif yaitu penelitian  yang hasilnya berupa data deskriptif yang berbentuk kata-kata dari orang-orang tertentu dan prilaku yang diamati, cara pengumpulan data dilakukan dengan Observasi,  Wawancara,  Dokumentasi,  dan Trianggulasi. Dengan informan penelitian adalah: (1) Kepala Sekolah dan Madrasah, (2) Waka Kurikulum, (3) Guru mata pelajaran PAI, (4) Tenaga Pendidik. Data yang terkumpul diorganisir untuk  ditafsirkan dan dianalisis menjadi pedoman dalam pelaporan.
Hasil penelitian:  1)  Implementasi kurikulum PAI di SMPIT Subulul Huda
Madiun dan kurikulum PAI sebagai Rumpun di MTs Negeri 9 Magetan pada keduanya  menggunakan  kurikulum  2013  secara  keseluruhan.  SMPIT  Subulul Huda Madiun menyatukan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, yang menyatukan seluruh kelompok mata pelajaran PAI ( Qur'an-Hadist, Aqidah• Akhlak,  Fiqih  dan  Sejarah Kebudayaan  Islam).   Sedangkan di  MTs  Negeri  9
Magetan  membagi  mata  pelajaran  PAI  dan  Akhlak-Mulia  yang  terdiri  dari
kelompok mata pelajaran PAI  yang terdiri dari ( Qur'an-Hadist, Aqidah-Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam 2) Tentang perbedaan dan persamaan implementasi  kurikulum  pendidikan  agama  Islam,   didapati  kesamaan  pada, Prinsip Pengembangan Kurikulum, Kompetensi Inti, Kegiatan Pembiasaan, Kegiatan  Keteladanan,  Syarat Kelulusan dan  Kecakapan  Hidup  yang terdapat pada aspek (Keunggulan Lokal dan Keunggulan Global).  Sedangkan perbedaan implementasi  Kurikulum  Pendidikan  Agama  Islam  di  SMPIT  Subulul  Huda Madiun dengan MTs Negeri 9 Magetan terdapat pada Pengembangan kurikulum yang  disesuaikan  dengan  visi,  misi,  tujuan  dan  ciri  khas  sekolah/madrasah, Struktur Kurikulum Pendidikan Agama Islam, dan Kriteria Ketuntasan Minimal.
| Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) | 
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kurikulum PAI, SMPIT dan MTs Negeri | 
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies | 
| Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies | 
| Depositing User: | Library Umpo | 
| Date Deposited: | 08 Dec 2021 01:57 | 
| Last Modified: | 08 Dec 2021 01:57 | 
| URI: | https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8547 | 
Actions (login required)
|  | View Item | 
 
      