PENGARUH KARAKTERISTIK CHIEF EXECUTIVE OFFICER (CEO) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015 – 2020



BERLIAN, SUCMA (2022) PENGARUH KARAKTERISTIK CHIEF EXECUTIVE OFFICER (CEO) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015 – 2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA)
surat persetujuan unggah karya.pdf

Download (407kB)
[thumbnail of HALAMAN DEPAN] Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
3. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
5.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (889kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (743kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL TEXT] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperjelas hubungan antara Karakteristik Chief Executive Officer (CEO) secara parsial dengan nilai perusahaan yang di ukur dengan menggunakan Market to Book Value (MBV) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah enam tahun yaitu mulai tahun 2015-2020. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sebanyak 193 observasi yang terkumpul dari 34 perusahaan dari tahun 2015 sampai 2020. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa : Jenis Kelamin CEO tidak mempengaruhi nilai perusahaan, Kecakapan Bisnis CEO tidak mempengaruhi nilai perusahaan, Tenur tidak memiliki pengaruh nilai perusahaan. Hasil penelitian variabel kontrol seperti ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan ROA, leverage, dan kondisi keuangan perusahaan mempengaruhi nilai perusahaan.
Implikasi : Berdasarkan teori upper echelon bahwa CEO bukan satu-satunya powelfull actor yang dapat menentukan nilai perusahaan.
Kata Kunci : Nilai Perusahaan, karakteristik CEO, Upper Echelon, Market to Book Value (MBV)

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, karakteristik CEO, Upper Echelon, Market to Book Value (MBV)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Economic > Department of Management
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 19 Aug 2022 08:24
Last Modified: 19 Aug 2022 08:24
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9683

Actions (login required)

View Item View Item