Setianingsih, Wahyu Linda (2022) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS VII E SMPN 1 BUNGKAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (232kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (659kB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (75kB) |
|
Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
10. SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa kelas VII E SMPN 1 Bungkal dalam menyelesaikan soal tipe Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Bungkal pada kelas VII E. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan wawancara. Semua siswa kelas VII E diberikan tes kemampuan numerasi dengan menggunakan soal tipe AKM. Selanjutnya diambil empat siswa sebagai subjek wawancara yang memiliki kemampuan komunikasi baik berdasarkan rekomendasi guru dan yang memenuhi indikator kemampuan numerasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subjek belum mampu menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari pada soal tipe AKM numerasi. Hal ini dikarenakan subjek kurang teliti dalam melakukan operasi hitung dasar menggunakan bilangan yang ada pada soal. Subjek belum mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya) dalam menyelesaikan permasalahan pada soal tipe AKM numerasi dikarenakan tiga dari empat subjek bisa menjelaskan maksud data yang disajikan, akan tetapi belum mampu menganalisis informasi yang diperoleh dari data tersebut. Tiga dari empat subjek mampu menafsirkan hasil analisis permasalahan untuk memprediksi dan mengambil keputusan dalam menyelesaikan permasalahan pada soal tipe AKM numerasi. Sedangkan untuk subjek yang belum mampu menafsirkan hasil analisis permasalahan dikarenakan kurang paham terhadap cara menafsirkan dan belum mengetahui strategi yang tepat dalam menganalisis, menafsirkan, dan menyelesaikan permasalahan pada setiap pernyataan untuk mengetahui nilai kebenarannya. Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Soal Tipe AKM
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Numerasi, Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Soal Tipe AKM |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 08:27 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 08:27 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10240 |
Actions (login required)
View Item |