DWI SANTOSO, M. GADING (2022) IMPELENTASI PENDIDIKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA MELALUI PROGRAM LITERASI DI SMAN 1 BABADAN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf Download (852kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
halaman depan (1) (1)-1.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
bab 1 (1).pdf Download (622kB) |
|
Text (BAB II)
bab 2 (1).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
bab 3-1.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text (BAB IV)
bab 4 (1)-1.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
bab 5-1.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf Download (313kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (1).pdf Download (1MB) |
|
Text (FULL TEXT)
SEKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
M. Gading Dwi Santoso. Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca melalui Progam Literasi di SMA N 1 Babadan. Skripsi.Progam Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan .Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1) Drs. Sunarto, M.Si , Pembimbing 2) Dr. Sutrisno, S.Pd M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui implementasi pendidikan karakter gemar membaca melalui progam literasi di SMA N 1 Babadan 2) mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam implementasi pendidikan karakter gemar membaca melalui progam literasi di SMA N 1 Babadan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kualitatif, dengan lokasi penelitian di SMA N 1 Babadan. Pengumpulan data menggunakan triangulasi data yakni Observasi langsung di lapangan, wawancara dengan narasumber, dan dokumentasi arsip – arsip yang mendukung. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan 1)Implementasi pendidikan karakter gemar membaca melalui progam literasi di SMA N 1 Babadan ada tiga progam yakni a) progam membaca 10 – 15 menit diawal pembelajaran, b)progam berkunjung ke perpustakaan; c) progam lomba literasi. 2) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pendidikan karakter gemar membaca yakni: a) faktor pendukung terdapat sarana dan prasarana dalam hal ini perpustakaan yang layak, dan tersedianya buku bacaan yang selalu diperbarui setiap tahunnya. b)sedangkan Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter yakni konsistensi siswa dalam menjalankan progam literasi. Implementasi pendidikan karakter gemar membaca ini sangat bagus dikembangkan dengan progam- progam literasi di sekolah. Dengan demikian progam literasi sekolah sangat bagus dikembangkan dilembaga – lembaga pendidikan untuk menumbuhkan karakter gemar membaca generasi Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Gemar Membaca, Literasi, |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 05 Oct 2022 07:39 |
Last Modified: | 05 Oct 2022 07:39 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10518 |
Actions (login required)
View Item |