PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA

Andriyanto, Rizky (2023) PENGARUH PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Skripsian.pdf

Download (177kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
01_Halaman Depan.pdf

Download (877kB)
[img] Text (BAB I)
02_BAB I.pdf

Download (225kB)
[img] Text (BAB II)
03_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text (BAB III)
04_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB IV)
05_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB V)
06_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07_Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08_Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
09_Skripsi Full Text Watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK RIZKY ANDRIYANTO: Pengaruh Pemahaman Konsep Matematika Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2023. Pemahaman konsep menjadi hal mendasar dalam mempelajari matematika. Pemahaman konsep yang baik juga dibutuhkan untuk menunjang kemampuan literasi numerasi siswa yang memerlukan keterampilan matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Penelitian ini dilakukan karena belum adanya penelitian terdahulu yang membahas terkait pengaruh pemahaman konsep matematika terhadap kemampuan literasi numerasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Siman yang terdiri dari empat kelas. Dari empat kelas diambil satu kelas sebagai sampel yaitu kelas VII A yang terdiri dari 24 siswa dan ditentukan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan tes subjektif berupa soal uraian pemahaman konsep matematika dan kemampuan literasi numerasi. Teknik analisis data untuk melihat tingkat pemahaman konsep matematika dan kemampuan literasi numerasi siswa serta uji regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemahaman konsep matematika terhadap kemampuan literasi numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep matematika siswa dan kemampuan literasi numerasi siswa termasuk dalam kategori sedang. Rata-rata tingkat pemahaman konsep matematika siswa sebesar 61,83 dan rata-rata tingkat kemampuan literasi numerasi sebesar 62,96. Sementara itu, dengan koefisien regresi sebesar 0,323 menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika mempengaruhi kemampuan literasi numerasi sebesar 0,323. Hasil koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,664 menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi 66,4% dipengaruhi oleh pemahaman konsep matematika. Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Literasi Numerasi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematika; Kemampuan Literasi Numerasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:05
Last Modified: 03 Mar 2023 07:05
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11016

Actions (login required)

View Item View Item