Dongoran, Riswan (2023) KONSEP ADAB GURU DAN MURID DALAM KITAB ADABUL A’LIM WAL MUTA’ALLIM DAN IMPLEMENTASINYA DI SEKOLAH TAHFIZH DAN ILMU DAKWAH MA’HAD ALY AL FURQON PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
1. Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (420kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (561kB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (228kB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (92kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (TESIS FULL TEXT)
10. TESIS FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan modal terbentuknya sebuah peradaban, sedangkan pendidikan adab adalah proses penting dalam membentuk generasi pejuang peradaban tersebut. Islam memandang bahwa pendidikan Akhlakul karimah atau adab, hal yang terus menerus untuk dijaga dan terus diajarkan agar manusia pada umumnya mampu mencontohkan seperti apa yang di contohkan oleh Rasulullah SAW. maka dengan demikian sebagai lembaga pendidikan harus terus berusaha untuk mengajarkan murid-muridnya tentang Adab. Untuk membahas lebih detailnya penulis mengambil pembahasan dengan mengkaji kitab Adabula'lim Walmuta'allim dan Implementasinya di STID Al Furqon Ponorogo. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Bagaimana konsep Adab guru dan murid dalam kitab Adabul'alim Waal muta'allim; (2) Bagaimana Implementasi dan hasil konsep Adab guru dan murid dalam kitab Adabul'alim Waal muta'allim di STID Al Furqon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research dan field research (kajian pustaka dan kualitatif) dengan menggunakan metode deskriptif. Dengan data primer sebagai sumber utama yaitu kitab Adab al'alim Waalmuta'allim dan data sekunder adalah literatur-literatur yang relevan dengan penelitian sebagai sumber data pendukung. Adapun dalam menganalisis data dokumentasi menggunakan metode analisis data lapangan, dan setelahnyaa kemudian penarikan kesimpulan, sehingga didapatkan hasil yang mudah dipahami pembaca dan mencangkup poin-poin penting dari suatu penelitian. Hasil dalam penelitian ini yang berkaitan tentang adab Guru dan Murid yaitu untuk Guru: (1) Guru mendidik murid untuk memahami ilmu Agama; (2) Guru Ikhlas mengajarkan ilmu kepada murid; (3) Guru mencintai murid seperti mencintai diri sendiri; (4) Guru memberikan dengan jelas; (5) Guru antusias mengajari murid; (6) Guru memberi nasehat baik kepada murid; (7) Guru berlaku adil terhadap murid; (8) Menjaga wibawa dihadapan murid; (9) Guru memberikan perhatian kepada murid; (10) Memanggil murid dengan panggilan yang baik. Adab murid yaitu: (1) Murid bersungguh-sungguh dalam belajar; (2) Murid taat kepada guru; (3) Murid harus memuliakan guru; (4) Murid selalau mendoakan gurunya; (5) Murid harus bersabar atas jika guru marah; (6) Murid harus meminta izin jika ingin meninggalkan pelajaran; (6) Duduk dihadapan guru dengan hormat dan khusyuk ketika belajar; (7) Berbicara baik kepada guru saat diskusi; (8) Jika guru menyampaikan pelajaran yang sama, murid harus mendengarkan maskipun telah menghafalkannya; (9) Menghargai pemberian guru. Hasil dari implementasi pendidikan Adab ini cukup baik, bahkan memuaskan, baik hasil yang diperoleh oleh guru dan murid, maupun hasil yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Pada implementasinya STID AL Furqon mengunggulkan pendidikan berbasis adab dan tahfizh Al Quran, sehingga penerapan pendidikan adabnya untuk murid diwarnai oleh nuansa kegiatan yang menekankan pada hal tersebut, dan untuk guru lebih menekankan pada penguatan keilmuan pada materi Adab dan pengamalan.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Islamic Education, Adab, Teachers, Students, Implementation |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | pasca . userpasca |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 04:29 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11084 |
Actions (login required)
View Item |