ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA PASIEN SKIZOFRENIA DENGAN MASALAH KEPERAWATAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI HALUSINASI PENDENGARAN

Aryanti, Imelda Sagita (2023) ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA PASIEN SKIZOFRENIA DENGAN MASALAH KEPERAWATAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI HALUSINASI PENDENGARAN. Tugas Akhir (D3) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan unggah karya ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (403kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (741kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (227kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (328kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB)
[img] Text (KTI FULL TEKS)
KTI Full Teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK KARYA TULIS ILMIAH: ASUHAN KEPERAWATAN JIWA PADA PASIEN SKIZOFRENIA DENGAN MASALAH KEPERAWATAN GANGGUAN PERSEPSI SENSORI HALUSINASI PENDENGARAN Oleh: IMELDA SAGITA ARYANTI NIM: 20613363 Halusinasi merupakan gangguan jiwa dimana klien mengalami perubahan persepsi sensori, merasakan sensasi palsu seperti suara, penglihatan, rasa, sentuhan, dan penciuman. Halusinasi pendengaran ditandai dengan tidak adanya rangsangan dari luar, meskipun efek yang timbul dari sesuatu yang tidak nyata halusinasi sesungguhnya ialah bagian dari kehidupan mental penderita halusinasi yang teresepsi. Tujuan Karya Tulis Ilmiah ini adalah memberikan asuhan keperawatan pada klien skizofrenia yang mengalami halusinasi pendengaran yang meliputi pengkajian, analisa data, diagnosis, intervensi, implementasi dan evaluasi keperawatan. Asuhan keperawatan ini dilakukan di ruang Abimanyu Rumah Sakit Jiwa Daerah Dr. Arif Zainudin Surakarta selama 5 hari pada tanggal 2 Januari 2023-6 Januari 2023. Metode pendekatan yang digunakan adalah proses keperawatan. Hasil pengkajian yang didapatkan bahwa klien mengalami halusinasi pendengaran, klien mengatakan mendengar suara bisikan orang dan suara hewan, suara tersebut sering muncul disepanjang malam saat mau tidur, dan klien juga mendengar suara yang menyuruhnya tidak boleh tidur,menyuruh makan, menyuruh minum, biasanya muncul saat klien melamun, dan didapatkan data objektif bahwa klien nampak berbicara sendiri, klien nampak berbicara melantur, klien mengarahkan telinga ke arah tertentu, kontak mata klien kurang, perhatian klien mudah beralih, klien nampak menutup mata dan telinga saat suara tersebut muncul, klien nampak gelisah. Setelah dilakukan implementasi keperawatan dengan menggunakan strategi pelaksanaan, pertama klien mampu mengontrol halusinasi dengan cara menghardik halusinasi, kedua klien mampu mengontrol halusinasi dengan cara minum obat secara rutin, ketiga klien mampu mengontrol halusinasi dengan cara bercakap-cakap dengan orang lain, keempat klien mampu mengontrol halusinasi dengan cara melakukan aktivitas terjadwal. Dalam melakukan cara mengontrol halusinasi, klien dibantu dan diingatkan oleh perawat, klien mampu melakukan kontrol halusinasi dengan baik dan benar dengan bantuan perawat. Klien yang mengalami halusinasi membutuhkan komunikasi terapeutik yang baik sehingga menunjang kesembuhan klien. Setelah dilakukan strategi pelaksanaan pada klien skizofrenia dengan masalah gangguan halusinasi pendengaran berkurang. Kata kunci: Skizofrenia, Halusinasi pendengaran, dan Asuhan Keperawatan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (D3))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Skizofrenia, Halusinasi pendengaran, dan Asuhan Keperawatan.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Sciences > Departement of Nursing D3
Depositing User: fik . userfik
Date Deposited: 31 Jul 2023 02:03
Last Modified: 31 Jul 2023 02:03
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11696

Actions (login required)

View Item View Item