INTERNALISASI NILAI-NILAI KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO

Hutagaol, Valentino Memo (2023) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEMUHAMMADIYAHAN DALAM MENINGKATKAN SPIRITUALITAS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 2 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (810kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peranan yang signifikan dalam pembangunan dan kemajuan suatu bangsa. Tanpa adanya pendidikan yang bermutu, suatu bangsa tidak akan pernah maju dan mampu mengukir peradaban. Tujuan dari Penelitian ini adalah Mendiskripsikan proses implementasi Internalisasi Nilai-Nilai Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan spiritualitas siswa di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo, Mendiskripsikan hasil dari Proses Internalisasi Nilai-nilai Kemuhammadiyahan, Mendiskripsikan Implikasi faktor pendukung dan penghambat dari Internalisasi Nilai-Nilai Kemuhammadiyahan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif yakni penelitian yang sering disebut Metode naturalistic karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo, Peneitian ini terdapat dua sumber data yaitu Sumber Data Primer, Sumber data ini diperoleh langsung dari Guru-guru dan Kepala sekolah SMP Muhammadiyah 2 Ponorogo. Sumber Data Sekunder melalui studi kepustakaan, dokumentasi, buku-buku.Teknik Analisis Data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan uji credibility, uji transferability, uji dependability, uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan proses implementasi dari nilai-nilai Kemuhammadiyahan dalam meningkatkan spiritualitas siswa yaitu dengan Mapel Kemuhammadiyahan yang diajarkan seminggu sekali, shalat dhuha setiap hari sebelum pembelajaran dimulai, Tasmi’ Al-qur’an, iqro dan Tahfidz bagi anak berkebutuhan khusus sebagai nilai toleransi di ajaran Kemuhammadiyahan. Hasil dari proses implementasi nilai-nilai kemuhammadiyahan dalam meningkat spiritualitas siswa yakni shalat yang tertib dan lebih disiplin dalam hal kerohanian ada peningkatan membaca Al-Qur'an. Setelah program ini, siswa menjadi lebih sadar bahwa shalat berjamaah itu penting. siswa menjadi anak yang lebih peduli, lebih menghormati guru, tidak ada bullying, menghormati sesama teman terutama pada teman-teman anak berkebutuhan khusus dalam implementasi nilai-nilai toleransi. Faktor yang mendukung peningkatan spiritualitas siswa adalah diri individu, dukungan dan kerjasama orang tua, pelaksanaan tugas dan tanggung jawab guru, serta akomodasi dan fasilitas yang memadai untuk menerapkan nilai-nilai Kemuhammadiyahan. Faktor penghambat peningkatan spiritualitas siswa yakni siswa yang tidak disiplin, guru tidak disiplin dalam penerapan program ini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Kemuhammadiyahan, Spiritualitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 08 Aug 2023 06:19
Last Modified: 08 Aug 2023 06:19
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/11756

Actions (login required)

View Item View Item