Sudarmono, Sudar (2023) PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENGAJARKAN HURUF HIJAIYAH DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 TUGU. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah.pdf Download (342kB) |
|
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (454kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (491kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (365kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (337kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (459kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Sudarmono. 2023. Strategi Guru Dalam Mengajarkan Huruf Hijaiyah Melalui Media Flashcard Di Sekolah Dasar Negeri 2 Tugu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1: Dr. Ayok Ariyanto, M.Pd.I. dan Pembimbing 2: Lilis Sumaryanti, M.Pd. Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Huruf Hijaiyah, Media Flashcard. Skripsi ini membahas tentang penerapan media flashcard sebagai bentuk salah satu strategi untuk memotivasi peserta didik dalam melafalkan dan menghafal huruf hijaiyah pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Tugu. Yaitu bagaimana penerapan media flashcard untuk memotivasi peserta didik dalam melafalkan dan menghafal huruf hijaiyah tanpa harakat dengan benar pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Tugu dan apa sajakah usaha yang dilakukan guru dalam memberikan motivasi peserta didik dalam melafalkan dan menghafal huruf hijaiyah pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Tugu. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui perencanaan guru dalam mengajarkan huruf hijaiyah menggunakan media flashcard di SDN 2 Tugu, 2. Mengetahui pelaksanaan guru dalam mengajarkan huruf hijaiyah menggunakan media flashcard di SDN 2 Tugu, 3. Mengetahui apa saja faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menghafal huruf hijaiyah di SDN 2 Tugu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Guru menyusun perencanaan atau strategi yang akan dilakukan selama proses pembelajaran, khususnya dengan memilih alat pembelajaran yang sesuai. Dalam hal ini media yang tepat untuk pelafalan dan hafalan huruf hijaiyah yang diberikan di SDN 2 Tugu adalah media flashcard, 2. Pelaksanaan atau pemanfaatan media flashcard dalam kegiatan pembelajaran dilakukan dua kali dalam seminggu yaitu pada hari selasa dan hari jumat. Tujuan dari pendekatan ini dipusatkan pada pencapaian dalam pengucapan huruf yang benar, 3. Strategi yang dilakukan guru dalam melafalkan dan menghafal huruf hijaiyah kepada siswa, tentunya ada beberapa faktor pendukung dan penghambat untuk mencapai pelaksanaannya. Faktor pendukung yaitu adanya minat siswa, dukungan dari orang tua, serta kelengkapan sarana dan prasarana, dan sedangkan faktor penghambat dari pihak pribadi siswa sendiri, pihak orang tua, dan lingkungan pertemanan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Proses Pembelajaran, Huruf Hijaiyah, Media Flashcard. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 28 Aug 2023 04:12 |
Last Modified: | 29 Aug 2023 07:48 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12097 |
Actions (login required)
View Item |