MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN USIA 3-4 TAHUN DI PLAY GROUP AISYIYAH SANG SURYA BABADAN PONOROGO

MUSTAQIMAH, SITI (2024) MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN USIA 3-4 TAHUN DI PLAY GROUP AISYIYAH SANG SURYA BABADAN PONOROGO. MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERMAIN PERAN USIA 3-4 TAHUN DI PG AISYIYAH SANG SURYA BABADAN PONOROGO, 9 (2). ISSN 2528-004X

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (53kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (13kB)
[img] Text
LOA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
ARTIKEL SITI MUSTAQIMAH.pdf

Download (5MB)
[img] Text
HAL DEPAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengembangan karakter harus dilakukan sedini mungkin karena usia dini merupakan masa emas dalam peningkatan karakter melalui bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi pendidikan karakter melalui metode bermain peran di Play Group Aisyiyah Sang surya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari hasil obsevasi, dan catatan lapangan selama proses pembelajaran bermain peran. Metode yang digunakan merupakan penelitian Tindakan kelas menggunakan dua siklus . Hasil penelitian ini menunjukkan : pertama kegiatan bermain peran tema pekerjaan: Pendidikan karakter melalui metode bermain peran untuk meningkatkan karakter (1) anak sabar menunggu giliran, (2) anak tidak berebut (3) Anak meminta maaf saat melakukan kesalahan, (4) anak menaati aturan main, (5) anak membereskan mainan, (6) anak bekerja sama dalam bermain. Performa karakter tanggung jawab anak meningkat sebesar 56,8% pada akhir siklus 1 dan 93,2% pada akhir siklus 2, dari data awal sebelum tindakan sebesar 37,5%. Performa karakter bertangggung jawab ini ditunjukkan anak dalam empat aspek yaitu: mau mengambil alat main tanpa dibantu, melaksanakan tugas dengan baik menyelesaikan tugas yang diberikan guru, dan mengembalikan peralatan main ke tempatnya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keyword 1 Keyword 2 Keyword 3 Keyword 4 Keyword 5
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 14 Sep 2023 04:55
Last Modified: 14 Sep 2023 04:55
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12563

Actions (login required)

View Item View Item