PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN TEMATIK DI SDIT QURROTA A'YUN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Srini, Srini (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP KEAKTIFAN SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN TEMATIK DI SDIT QURROTA A'YUN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah (Srini).pdf

Download (536kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan (Judul-Abstrak).pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL TEXT)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Srini. 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Keaktifan Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Tematik di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Dr.Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I, (II) Lilis Sumaryanti, M.Pd. Kata Kunci: Flipped Classroom, Keaktifan Siswa Model pembelajaan flipped classroom ialah model pembelajaran yang membalik prosedur pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan berdasarkan model kelas terbalik ini mampu mendukung peserta didik untuk belajar mandiri. Keaktifan adalah aktivitas atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan dan dapat terjadi baik secara fisik maupun non fisik yang mengajak untuk belajar secara aktif. Model pembelajaran yang diterapkan di SDIT Qurrota A’yun memiliki banyak variasi dan salah satunya adalah model pembelajaran flipped classroom. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap keaktifan siswa kelas IV SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Qurrota A’yun Ponorogo dengan jumlah sampel sebanyak 27 siswa dari total populasi 114 siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana menggunakan aplikasi SPSS 28.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa nilai r tabel sebesar 2,059 dan t hitung sebesar 5,534. Artinya t hitung lebih besar daripada t tabel. Sedangkan nilai F hitung sebesar 30,62 dan F tabel sebesar 4,24 Artinya F hitung lebih besar daripada f tabel. Dengan hasil hipotesis tersebut, maka H_O: ditolak dan H_a: diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran flipped classroom terhadap keaktifan siswa kelas IV SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan nilai R Square sebesar 0,551 atau 55,1%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel bebas (model pembelajaran flipped classroom) secara simultan berpengaruh terhadap variabel bebas (keaktifan siswa) sebesar 55,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: FLIPPED CLASSROOM, KEAKTIFAN SISWA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 13 Sep 2023 05:14
Last Modified: 13 Sep 2023 05:14
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12634

Actions (login required)

View Item View Item