Roushon Zulfatullah Abidin, Muhammad (2023) INTERNALISASI KARAKTER SANTRI BERBASIS KAJIAN KITAB TA'LIMUL MUTA'ALLIM DI PONDOK PESANTREN TAHFIZHUL QUR'AN AR ROSYIDAH MAGETAN. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf Download (230kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
2. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (419kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (368kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (202kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
Text
TESIS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan karakter, kajian kitab, internalisasi, akhlak Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam mencetak generasi unggul dan berakhlak, namun pendidikan karakter mulai minim dijumpai di dalam pendidikan sekolah formal, sehingga terjadi kemerosotan moral dan akhlak serta masyarakat yang jauh dari kata beradab. Disisi lain penanaman karakter sangatlah sering dijumpai di pesantren – pesantren baik klasik ataupun modern. Penanaman karakter yang sering dilakukan di pesantren-pesantren adalah menggunakan metode kajian kitab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kajian kitab Ta’limul Muta’allim yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Ar Rosyidah Magetan, untuk menjelaskan karakter santri yang dibentuk dari pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim, untuk menjelaskan proses internalisasi karakter santri berbasis kajian kitab Ta’limul Muta’allim. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Progam pelaksanaan kajian kitab Ta’limul Muta’allim berjalan secara terstruktur dan terjadwal, diberlangsungkan dengan menggabungkan kurikulum formal dan pondok pesantren melalui pembelajaran tekstual dan kontekstual oleh pemateri kajian. 2) Karakter yang ingin dibentuk dari kajian kitab Ta’limul Muta’allim di pondok tersebut terdiri dari dua hal yaitu karakter internal untuk pembelajar itu sendiri berupa niat belajar ikhlas karena Allah, giat dan rajin serta semangat dalam menuntut ilmu, tawakkal hanya kepada Allah ta’ala disaat mencari ilmu. Karakter eksternal yaitu sikap mulia kepada orang lain adalah bersikap takdzim kepada ilmu serta ahli ilmu dan kasih sayang dan saling memberikan nasehat untuk penuntut ilmu. 3) Proses internalisasi karakter santri berbasis kajian kitab Ta’limul Muta’allim dilaksanakan dengan tiga tahapan: penyampaian materi berupa kajian kitab yang telah dijadwalkan, mengadakan diskusi antara guru dan murid dengan progam halaqoh, guru memberikan teladan serta contoh yang baik kepada murid dan juga melakukan pendekatan – pendekatan yang baik jika terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh murid.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan karakter, kajian kitab, internalisasi, akhlak |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | pasca . userpasca |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 04:08 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 04:08 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12955 |
Actions (login required)
View Item |