INTERNALISASI KARAKTER SANTRI BERBASIS KAJIAN KITAB TA'LIMUL MUTA'ALLIM DI PONDOK PESANTREN TAHFIZHUL QUR'AN AR ROSYIDAH MAGETAN

Roushon Zulfatullah Abidin, Muhammad (2023) INTERNALISASI KARAKTER SANTRI BERBASIS KAJIAN KITAB TA'LIMUL MUTA'ALLIM DI PONDOK PESANTREN TAHFIZHUL QUR'AN AR ROSYIDAH MAGETAN. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (230kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
2. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan karakter, kajian kitab, internalisasi, akhlak Pendidikan karakter memiliki peran penting dalam mencetak generasi unggul dan berakhlak, namun pendidikan karakter mulai minim dijumpai di dalam pendidikan sekolah formal, sehingga terjadi kemerosotan moral dan akhlak serta masyarakat yang jauh dari kata beradab. Disisi lain penanaman karakter sangatlah sering dijumpai di pesantren – pesantren baik klasik ataupun modern. Penanaman karakter yang sering dilakukan di pesantren-pesantren adalah menggunakan metode kajian kitab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan kajian kitab Ta’limul Muta’allim yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Ar Rosyidah Magetan, untuk menjelaskan karakter santri yang dibentuk dari pembelajaran kitab Ta’limul Muta’allim, untuk menjelaskan proses internalisasi karakter santri berbasis kajian kitab Ta’limul Muta’allim. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Progam pelaksanaan kajian kitab Ta’limul Muta’allim berjalan secara terstruktur dan terjadwal, diberlangsungkan dengan menggabungkan kurikulum formal dan pondok pesantren melalui pembelajaran tekstual dan kontekstual oleh pemateri kajian. 2) Karakter yang ingin dibentuk dari kajian kitab Ta’limul Muta’allim di pondok tersebut terdiri dari dua hal yaitu karakter internal untuk pembelajar itu sendiri berupa niat belajar ikhlas karena Allah, giat dan rajin serta semangat dalam menuntut ilmu, tawakkal hanya kepada Allah ta’ala disaat mencari ilmu. Karakter eksternal yaitu sikap mulia kepada orang lain adalah bersikap takdzim kepada ilmu serta ahli ilmu dan kasih sayang dan saling memberikan nasehat untuk penuntut ilmu. 3) Proses internalisasi karakter santri berbasis kajian kitab Ta’limul Muta’allim dilaksanakan dengan tiga tahapan: penyampaian materi berupa kajian kitab yang telah dijadwalkan, mengadakan diskusi antara guru dan murid dengan progam halaqoh, guru memberikan teladan serta contoh yang baik kepada murid dan juga melakukan pendekatan – pendekatan yang baik jika terjadi pelanggaran yang dilakukan oleh murid.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, kajian kitab, internalisasi, akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 13 Oct 2023 04:08
Last Modified: 13 Oct 2023 04:08
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12955

Actions (login required)

View Item View Item