KONSEP PENDIDIKAN AHKLAK KH.AHMAD DAHLAN DAN BUYA HAMKA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AHKLAK DI INDONESIA

Azwardana, Ari (1999) KONSEP PENDIDIKAN AHKLAK KH.AHMAD DAHLAN DAN BUYA HAMKA SERTA RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AHKLAK DI INDONESIA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
WhatsApp Image 2024-03-13 at 14.48.42.pdf

Download (98kB)
[img] Text (Halaman Sampul)
halaman Sampul.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB Satu.pdf

Download (397kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (422kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
daftar pustaka (1).pdf

Download (379kB)
[img] Text (Skripsi)
Skripsi Ari (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) menggambarkan pandangan Ahmad Dahlan dan Buya Hamka tentang pendidikan ahklak yang didasarkan pada kebiasaan, (2) mengetahui kesamaan dan perbedaan dalam konsepsi pendidikan moral antara KH. Ahmad Dahlan dan Buya Hamka, (3) mengetahui relevansi pemikiran dari kedua tokoh bagi perkembangan metode pendidikan moral saat ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pustaka di mana pendekatan filosofis dilakukan untuk mencari hakikat suatu hal. Studi ini mengadopsi teknik riset perpustakaan dengan pendekatan filosofis yang bertujuan untuk memahami esensi dari segala hal, menyatukan penyebab dan akibat, serta menyelesaikan masalah dengan mengumpulkan data secara sistematis dan konsisten untuk kemudian dianalisis dan diidentifikasi, sehingga dapat diambil kesimpulan yang berkaitan dengan konsep pemikiran ahklak KH. Ahmad Dahlan dan Buya Hamka. hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) konsep pendidikan ahklak menurut Ahmad Dahlan dan Buya Hamka, bertujuan untuk mencapai kesempurnaan dan kebahagiaan yang sempurna dalam hidup dan memahami tentang metode pemahaman, (2) kesamaan pemikiran dari keduanya terletak pada tujuan dan metode yang mereka ajukan, sedangkan perbedaan pemikiran terdapat pada konsep dasar pendidikan dan sikap pendidik, (3) pendidikan ahklak menurut Ahmad Dahlan dan Buya Hamka yang berbasis pembiasaan sangat relevan dengan metode pendidikan ahlak saat ini yang mendukung pendidikan karakter, tujuan pendidikan ahklak, dan perkembangan metode pendidikan ahklak.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: fai2021
Subjects: L Education > LT Textbooks
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 15 Mar 2024 02:37
Last Modified: 15 Mar 2024 02:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13531

Actions (login required)

View Item View Item