HUBUNGAN TARI KUPU-KUPU DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6) TAHUN Di TK Darmawanita Desa Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo

NUR FAUZIA, OKTAVIANI (2015) HUBUNGAN TARI KUPU-KUPU DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA PRASEKOLAH (4-6) TAHUN Di TK Darmawanita Desa Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN 1-11.pdf

Download (710kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Perkembangan adalah bertambahnya kemampuan dalam fungsi tubuh dan fisiknya. Salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan anak melalui gerak tari. Melalui gerak tari kupu-kupu anak dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tari kupu-kupu dengan perkembangan anak prasekolah (4-6) tahun di TK Darmawanita Desa Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Penelitian menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian adalah 30 anak atau seluruh anak usia 4-6 tahun di TK Darmawanita Desa Beton Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah Total sampling sebanyak 30 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner pada kemampuan tari kupu-kupu dan observasi langsung pada perkembangan anak berdasarkan KPSP. Teknik analisis data menggunakan crosstab. Hasil penelitian terdapat hubungan antara tari kupu-kupu dengan perkembangan anak, hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian lebih banyak anak yang bisa tari kupu-kupu,dari 30 anak terdapat 25 yang bisa tari kupu-kupu dan perkembangan anak normal 20 (67,6%) anak, meragukan 1 (3%) anak dan keterlambatan 4 (13%) anak, dari 30 anak terdapat 5 anak yang tidak bisa tari kupu-kupu dan perkembangan anak normal4 (13,4%) anak, meragukan (0%), dan keterlambatan 1 (3%) anak.Hasil penelitian direkomendasikan untuk peneliti selanjutnya tentang gerak tari yang paling dominan terhadap perkembangan pada anak dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan pada anak prasekolah. Kata Kunci: Tari kupu-kupu, Perkembangan anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RG Midwifery
Divisions: Faculty of Health Sciences > Department of Midwifery
Depositing User: Ahdani Subhan
Date Deposited: 14 Nov 2015 01:40
Last Modified: 14 Nov 2015 01:40
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item