PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI RA PERWANIDA LENGKONG

Safitri, Erisa Dwi (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL TERHADAP MINAT BELAJAR ANAK USIA DINI RA PERWANIDA LENGKONG. J-SANAK: Jurnal Kajian Anak, 5 (02). pp. 1-12. ISSN (p-ISSN: 2686-5343 |e-ISSN: 2715-7989) (Submitted)

[img] Text (Surat Persetujuan Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA.pdf

Download (109kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (873kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (12kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (111kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (10kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (144kB)
[img] Text (ERISA DWI SAFITRI 20340185 ARTIKEL FULL)
ERISA DWI SAFITRI 20340185 ARTIKEL FULL.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media digital terhadap minat belajar siswa di RA Perwanida Lengkong, Sukorejo, Ponorogo. Penelitan pengaruh media pembelajaran digital terhadap minat belajar siswa ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penggunaan media pembelajaran digital, minat belajar digunakan sebagai alat penelitian untuk pengumpulan data. Lingkungan pembelajaran digital berperan dalam pembelajaran anak-anak. Pada anak usia dini, anak sangat tertarik mempelajari suatu hal yang menarik dan tidak membosankan. Kalau anak kecil tertarik, anak-anak akan datang dengan senang hati untuk mengikuti kegiatan. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana merupakan cara untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran terhadap minat belajar anak usia dini RA Perwanida Lengkong. Dalam penelitian ini informasi mengenai pemanfaatan bahan pembelajaran digital dan minat belajar siswa diperoleh melalui angket dan dokumentasi peneliti. Penggunaan media pembelajaran digital dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 2,969 lebih besar dari t tabel yaitu 2,021 dan Sig. 0,005 kurang dari 0,05. Dalam hal ini, penggunaan media pembelajaran digital meningkatkan minat belajar siswa sebesar 18,8%. Kata Kunci: pemanfaatan teknologi pembelajaran digital; minat belajar; anak usia dini. ABSTRACT The aim of this research is to determine the use of digital media on students’ interest in learning at RA Perwanida Lengkong, Sukorejo, Ponorogo. This study of digital learning media on students’ interest in learning is quantitative research. In using digital learning media, interest in learning as a research tool for data collection. Digital learning environments play a role in children’s learning. In early childhood, children are very interested in learning something that is interesting and not boring. If the kids are interested, the kids will come. The analysis used, namely simple linear regression analysis, is a way to find out how influence learning media has on RA Perwanida Lengkong’s early childhood interest in learning. In this research, information regarding the use of digital learning materials and students’ interest in learning was obtained through questionnaires and researcher documentation. The use of digital learning media can influence students’ interest in learning. This is proven by the t count value of 2,969 which is greater than t table which is 2,021 and sig. 0,005 is less than 0,05. In this case, the use of digital learning media increases students’ interest in learning by 18,8%. Keywords: digital learning media: interest to learn: early childood

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan teknologi pembelajaran digital; minat belajar; anak usia dini. digital learning media: interest to learn: early childood
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 28 Mar 2024 05:27
Last Modified: 28 Mar 2024 05:27
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13767

Actions (login required)

View Item View Item