Ulva, Mariya (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMTING UNTUK PENGENALAN KOSA KATA PADA ANAK DOWN SYNDROME DI TK INKLUSI PAS BAITUL QUR'AN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text (Surat Persetujuan unggah karya ilmiah)
Unggah Karya.pdf Download (423kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (489kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (614kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (644kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (231kB) |
|
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Full Text)
SKRPSI FULL.pdf Restricted to Repository staff only Download (642kB) |
Abstract
Abstrak Mariya Ulva. Implementasi model pembelajaran probing promting untuk pengenalan kosa kata pada anak down syndrome di TK Inklusi PAS Baitul Qur’an. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Paud, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing 1 Ida Yeni Rahmawati, M.Pd, Pembimbing 2 Nurtina Irsad Rusdiani M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perencanaan model pembelajaran probing promting untuk pengenalan kosa kata pada anak down syndrome di TK Inklusi PAS Baitul Qur’an. (2) Untuk mengetahui proses model pembelajaran probing promting untuk pengenalan kosa kata pada anak down syndrome di TK Inklusi PAS Baitul Qur’an. (3) Untuk menegetahui hasil dari implementasi model pembelajaran probing promting untuk pengenalan kosa kata pada anak down syndrome di TK Inklusi PAS Baitul Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menyebutkan informasi dan data sesungguhnya di lapangan. Desain penelitian menggunakan prosedur pengembangan dari Miles dan Hubermen. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dengan subjek penelitian anak usia dini kelas TK A Down Syndrome di TK Inklusi PAS Baitul Qur’an Ngabar. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara terhadap guru. Hasil wawancara dan observasi dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tercapainya model pembelajaran probing promting untuk pengenalan kosa kata pada anak down syndrome yang diterapkan dalam pembelajaran di TK Inklusi PAS Baitul Qur’an Ngabar. Dibuktikan dengan (1) Pada perencanaan pembelejaran model probing promting guru menyusun RPP secara berdiskusi bersama kemudian menentukan materi serta merancang kegiatan sesuai dengan kurikulum yang dimiliki. (2) Kemudian dalam proses pembelejaran sudah berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang sudah dirancang dengan menerepkan langkah-langkah yang terdapat pada RPP, (3) dengan implementasi model pembelajaran probing promting untuk pengenalan kosa kata pada anak down syndrome di TK Inklusi PAS Baitul Qur’an berdampak baik. Dibuktikan dengan anak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik, seperti anak mampu mengulang kosa kata yang telah diucapkan guru, anak menjawab pertanyaan dari guru. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing promting layak dan efektif digunakan dalam pengenalan kosa kata pada anak down syndrome. Kata Kunci: Probing Promting, Down Syndrome, Pengenalan Kosa Kata
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Probing Promting, Down Syndrome, Pengenalan Kosa Kata |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | fkip . userfkip |
Date Deposited: | 02 May 2024 06:37 |
Last Modified: | 02 May 2024 06:37 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/13914 |
Actions (login required)
View Item |